Bawaslu Pulang Pisau Himpun Ormas Tingkatkan Pengawasan Pemilu
Partisipasi dan peran masyarakat sangat diperlukan dalam rangka mengawasi adanya potensi pelanggaran

By Ade Soebara 04 Okt 2022, 16:52:36 WIB Politik
Bawaslu  Pulang Pisau Himpun Ormas Tingkatkan Pengawasan Pemilu

MEGAPOLITANPOS.COM: Pulang Pisau - Upaya untuk meminimalisir pelanggaran Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pulang Pisau menggelar sosialisasi pemilu partisipatif dengan  menghimpun organisasi  kemasyarakatan untuk berperan serta pengawasan Pemilu, Selasa (4/10/2022).

Ketua Bawaslu Pulang Pisau, Ubeng Itun mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan Pemilu, partisipasi dan peran masyarakat sangat diperlukan dalam rangka mengawasi adanya potensi pelanggaran-pelanggaran dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu yang dilakukan.

Dengan peran serta masyarakat ini menurut Ubeng dikatakan akan meminimalisir setiap pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu, sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Baca Lainnya :

"Untuk mengantisipasinya, salah satu yang kita lakukan adalah melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif, dan diharapkan kegiatan ini masyarakat dapat berperan dan meningkatkan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024, " kata Ubeng.

Melalui sosialisasi tersebut jelas Ubeng, peserta dibekali diantara mengenai bagaimana pengawasan yang harus dilakukan dan untuk melapor bila ada pelanggaran. Peserta juga dikenalkan mengenai bentuk pelanggaran yang dapat terjadi dalam pemilu.
Harapannya melalui sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini meningkatkan antusiasme dan wawasan masyarakat tentang pengawasan dalam penyelengaraan pemilihan umum tahun 2024 dan juga mengenalkan tugas fungsi Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu. 

Acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif Bawaslu Pulang Pisau tahun 2022 tersebut dihadiri Komisioner Bawaslu Kalteng, Hj Siti Wahidah sekaligus membuka kegiatan itu, dan para komisioner Bawaslu Pulang Pisau.(JM)