Menghabiskan Libur Akhir Pekan dengan Mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional

By Sigit 08 Apr 2023, 14:37:20 WIB Wisata
Menghabiskan Libur Akhir Pekan dengan Mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional

Keterangan Gambar : Museum Kebangkitan Nasional yang berlokasi di Jalan Abdul Rachman Saleh No.26, Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta


MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu libur di akhir pekan ialah dengan mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional.

Selain melihat berbagai macam koleksi benda bersejarah yang ada di beberapa ruangan, Anda juga bisa mengabadikan momen yang terlihat dengan mengambil foto.


Baca Lainnya :

Anda bisa langsung mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional yang berlokasi di Jalan Abdul Rachman Saleh No.26, Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat.

Keberadaan Museum Kebangkitan Nasional ini menempati komplek bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1899.


Sebelum menjadi Museum Kebangkitan Nasional, mulanya bangunan tersebut adalah sekolah kedokteran STOVIA. 

Hingga pada akhirnya, di tanggal 20 Mei tahun 1974, bangunan tersebut diresmikan menjadi Gedung Kebangkitan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto.


Saat Anda memasuki kawasan museum ini, Anda pertama kali akan disuguhkan dengan pemandangan halaman hijau yang begitu luas dan asri.

Di museum ini terdapat berbagai macam ruangan, di antaranya seperti ruang STOVIA, ruang asrama STOVIA, ruang pengobatan tradisional, ruang memorial Boedi Oetomo, ruang Indonesia Kaya, ruang perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Museum Kebangkitan Nasional menyimpan berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari foto dokumenter, lukisan, mebel, perlengkapan kesehatan, peta, pakaian, senjata, patung hingga miniatur.


Anda dapat mengunjungi museum ini yang buka dari hari Selasa sampai Minggu, mulai beroperasi dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk hari Senin dan hari libur nasional, museum ini tidak menerima pengunjung alias tutup.

Tarif tiket masuk Museum Kebangkitan Nasional dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni dengan harga tiket Rp2 ribu untuk dewasa, sementara untuk anak-anak dikenakan tarif tiket Rp1 ribu per anak. ** (SMKN 42 Jakarta)




  • Eksplorasi Alam Tersembunyi, Menyusuri Keindahan Wisata Jalur Hijau Kosambi

    🕔15:59:41, 15 Mar 2024
  • Takjil Ramai Diburu di Awal Ramadan, Penjual Takjil Membludak di Jln. H. Sanusi Kosambi Cengkareng Jakarta

    🕔16:05:02, 15 Mar 2024
  • Dukung Kreativitas Sinema Tanah Air, FFWI 2024 Siap Digelar

    🕔22:40:45, 07 Mar 2024
  • Heineken Good Times Town: Perayaan Tahun Naga Kayu Tak Terlupakan di Pantjoran PIK

    🕔16:46:20, 27 Jan 2024
  • Lestarikan Budaya Betawi, Disparekraf Provinsi DKI Jakarta Menyelenggarakan Pemilihan Abang dan None Jakarta 2023

    🕔08:59:09, 11 Agu 2023