Anies Baswedan Membawa Fenomena Baru Kampanye Pemilu 2024
Agung Nugroho, Juru Bicara Kedeputian Disabilitas Timnas AMIN.

By Agung Nugroho 25 Des 2023, 20:52:26 WIB Opini
Anies Baswedan Membawa Fenomena Baru Kampanye Pemilu 2024

Keterangan Gambar : Anies Baswedan Capres 2024


Kampanye pemilu merupakan kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program atau citra diri peserta pemilu. 

Kampanye pemilu merupakan wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggung jawab yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu, ini tertuang dalam pasal 5 PKPU 15 Tahun 2023.

Namun selama penyelenggaraan pemilu di negeri ini, kampanye pemilu justru kehilangan subtansinya. Dimana sering kali kampanye oleh peserta pemilu hanya sebatas mengumpulkan massa untuk menikmati hiburan musik semata tanpa ada penjabaran, penjelasan, dan sosialisasi visi misi peserta pemilu. 

Baca Lainnya :

Termasuk juga dalam kampanye pilpres, yang disosialisasikan hanya figur pasangan capres dan cawapres lalu disusul bagi-bagi sembako dan ditutup dengan acara hiburan musik. 

Kampanye pemilu 2024 memiliki perbedaan tersendiri, dimana baik kampanye partai, caleg dan kampanye pilpres 2024 sangat minim panggung-panggung hiburan. 

Saat ini pola kampanye pemilu tergantikan dengan penyampaian ide, gagasan, dan visi misi yang disampaikan dari diskusi ke diskusi baik ke masyarakat petani, buruh nelayan, kaum miskin perkotaan, bahkan sampai ke milenial. 

Perubahan pola kampanye ini jujur harus diakui adalah pengaruh dari seorang Anies Baswedan yang jauh-jauh hari sebelum dimulainya tahapan pemilu sudah mewacanakan kampanye pemilu dengan beradu ide, gagasan, dan pemikiran tentang pembangunan Indonesia ke depan melalui diskusi membedah visi misi. 

Buat Anies Baswedan pembangunan itu dimulai dengan gagasan dan narasi. Kerja merupakan bagian akhir dari gagasan dan narasi tersebut.

Pengaruh Anies Baswedan yang mampu merubah pola kampanye dari yang masih mengandalkan hiburan baik musik atau joget-joget menjadi pola kampanye yang berbentuk diskusi adalah poin penting untuk menaikan kualitas pemilu di Indonesia sekaligus menaikan indeks demokrasi.

Fenomena perubahan pola kampanye ke dalam bentuk diskusi, membuat pola kampanye hiburan baik musik maupun joget-joget sudah sangat tidak diminati rakyat pemilih. Terbukti debat pilpres 2024 adalah acara debat yang paling banyak ditonton sepanjang KPU mengadakan acara debat pilpres. 

Fenomena baru ini juga semakin menunjukan mereka yang tidak ada Ide dan gagasan hanya bisa menampilkan pameran spanduk, baliho, hiburan musik dan joget-joget. Karena memang jika memiliki ide, gagasan dan rencana untuk memimpin Indonesia ke depan maka tidak perlu banyak berjoget.




  • Ketum PB. Formula: Kenapa Bangsa Arab Diam Melihat Pembantaian oleh Zionis Israel Terhadap Rakyat Palestina

    🕔14:10:52, 15 Apr 2024
  • Ada Pembacaan Ratib dan Tausiyah Politik di Kalibata Sebelum Konvoi Menuju JIS

    🕔06:09:12, 09 Feb 2024
  • Prabowo Dan Politik Kebohongan.

    🕔06:34:21, 30 Des 2023
  • Anies Baswedan Membawa Fenomena Baru Kampanye Pemilu 2024

    🕔20:52:26, 25 Des 2023
  • Praktik Korupsi Masih Subur Di Sekolah, Pemberantasan Korupsi Di Indonesia Makin Gelap.

    🕔06:15:21, 06 Des 2023
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.