RSJPD Harapan Kita Punya Alat Periksa Jantung Canggih dan Modern Setara Eropa

By Anton MP 19 Jan 2023, 23:57:28 WIB Nasional
RSJPD Harapan Kita Punya Alat Periksa Jantung Canggih dan Modern Setara Eropa

Keterangan Gambar : Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono (batik) didampingi Direktur Utama RSJPDHK Dr Iwan Dakota, saat memberikan keterangan terkait kehadiran alat skrining jantung berteknologi canggih, akurat dan modern (MSCT) di RSJPD Harapan Kita.


MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Demi meningkatkan pelayanan serta mendukung fasilitas layanan kesehatan, Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) di Jakarta menyediakan berbagai peralatan jantung berteknologi canggih, akurat dan modern. Salah satunya MSCT dual source bernama model CT Somatom Drive.

CT kardiovaskular dual source technology tersebut merupakan jenis mesin CT Scan yang banyak digunakan di rumah sakit jantung di negara-negara Eropa.

“Alat CT Scan ini memiliki kualitas dan daya sensivitas setara dengan mesin CT Scan yang digunakan pusat jantung di Eropa. Jadi jika masyarakat Indonesia ingin skrining jantung, tidak perlu pergi ke luar negeri, karena di RSJPDHK sekarang sudah ada,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Kesehatan Dante Saksono Harbuwono kepada media usai menjajal serta melakukan medical check up di RSJPD Harapan Kita, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Baca Lainnya :

MSCT merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan penyakit jantung anak baik jantung struktural maupun jantung bawaan, penyakit jantung dewasa, penyakit jantung koroner, jantung struktural, pembuluh darah tepi, aorta, dan penyakit jantung bawaan dewasa.

Alat ini dilengkapi dengan teknologi dan spesifikasi yang canggih yakni dual al source 2 x 128 Straton MX Sigma Tube X ray, Stellar Infinity Detector, Reconstructed slices 2 x 384 slices, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi penyakit jantung maupun pembuluh darah dengan cepat dan akurat.

Mesin tersebut, lanjut Dante, merupakan bantuan dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk mendukung fasilitas layanan kesehatan di RSJPDHK sehingga mampu menjawab kebutuhan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

"Kecepatan deteksi sangat penting bagi proses penyelamatan pasien jantung. Sebab selama ini, layanan katastropik terutama jantung diketahui memiliki waktu tunggu yang lama, bisa hitungan bulan bahkan tahun untuk mendapatkan tindakan," tukasnya.

Pengoperasian alat terbaru di RSJPDHK itu, lanjut Dante menggunakan pendekatan tata laksana pemeriksaan penyakit jantung yang memenuhi etika maupun evident base. Memenuhi etika karena tidak semua kelainan jantung harus dipasang sten atau ring jantung.

"Saya lihat sendiri manajemen dokternya sudah baik, sudah bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk deteksi dini penyakit jantung dan pembuluh darah, serta hasil yang didapatkan merupakan hasil terkini yang bisa digunakan untuk diagnosis lebih lanjut," bebernya.

Direktur Utama RSJPDHK Dr Iwan Dakota, Sp.JP (K) mengatakan, MSCT Scan terbaru memiliki banyak keunggulan dibanding teknologi sebelumnya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain memiliki gambar dengan resolusi lebih tinggi, meminimalisir Gerakan jantung pada hasil akhir gambar yang didapat, mampu mengambil gambar dalam waktu singkat (one beat scanning), dynamic stress perfusion untuk melihat perfusi miokard jantung.

Selain itu, tambah Iwan, alat ini tidak terpengaruh oleh heart rate pasien yang tinggi dan gangguan irama jantung (arrhytmia), mempunyai kemampuan menekan dosis radiasi yang diterima pasien serta dosis kontras yang lebih rendah untuk pemeriksaan jantung.

"Alat MSCT Scan ini telah melalui uji keselarasan dan mendapatkan ijin operasional dari BAPETEN. Jadi sudah dinyatakan aman,” tandasnya.

Sebagai informasi, selain alat MCST, RSJPD Harapan Kita juga dilengkapi dengan pelayanan kesehataan dengan alat-alat kedokteran mutakhir lainnya seperti SPECT (Single Photon Emission Computed Tomography)/Gamma Camera merupakan alat yang memanfaatkan teknologi nuklir untuk mendeteksi kelainan pada level molekuler di jaringan otot jantung melalui penggunaan kamera.

RSJPD Harapan Kita juga dilengkapi dengan MRI dengan model Signa Voyager 1,5 Tesla dari GE yang merupakan salah satu alat MRI dengan teknologi tinggi berbasis Artificial Intelligence, waktu pemindaian yang lebih cepat dengan artefak yang minimal, serta teknologi air interior koil lebih ringan dan nyaman untuk pasien.(*)