1029 Anggota PPS Tingkat Desa Untuk Pemilu 2024 di Majalengka Resmi Dilantik

By Gito Wahyudi 24 Jan 2023, 17:24:32 WIB Jawa Barat
1029 Anggota PPS Tingkat Desa Untuk Pemilu 2024 di Majalengka Resmi Dilantik

Keterangan Gambar : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melantik 1029 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa Pemilu 2024 mendatang.


MEGAPOLITANPOS.COM Majalengka,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melantik 1029 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa Pemilu 2024 mendatang.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua KPU Kabupaten Majalengka H. Agus Syuhada, S.Ag. M.H.I di Islamic Center Majalengka. Selasa, (24/01/2023).



Baca Lainnya :

Selain Wakil Bupati, hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Majalengka, Sekda, Forkopimda, perwakilan KPU Daerah Provinsi Jawa Barat, Ketua Bawaslu, MUI, Kepala OPD, Rektor UNMA dan jajaran Komisioner KPU Majalengka.

"Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka hari ini melantik 1029 Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa, yang tersebar di 330 Desa dan 14 Kelurahan di 26 Kecamatan," ucap Agus.

Agenda KPU Majalengka setelah pelantikan PPS, lanjut Agus, dihadapkan dengan tugas yakni pemutakhiran data pemilih yang akan dilaksanakan awal bulan depan.

Agenda ini, terang Agus, akan didahului merekrut satu orang untuk menjadi petugas pemutakhiran data. Di Majalengka sendiri terdapat sebanyak 4.750 TPS.



Untuk itu, Agus melanjutkan, PPS-PPS yang baru saja dilantik akan merekrut sekitar 4.750 orang untuk dijadikan petugas pemutakhiran data pemilih.

"Perekrutan petugas pemutakhiran data menjadi awal tugas PPS yang harus di dukung penuh agar dapat menghasilkan data pemilih yang benar-benar akurat," jelas Agus.

Ketua KPU Majalengka berpesan, PPS harus menunjukan kinerja yang luar biasa dan mengedepankan profesionalitas kerja. Sehingga menjadi penyelenggara pemilu yang sukses di Kabupaten Majalengka.



Selain itu diharapkan untuk bekerja kolaboratif dengan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai sektor baik itu aparat desa, tokoh-tokoh masyarakat selain itu harus tetap menjaga integritas dalam bekerja ditengah masyarakat.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengucap selamat atas dilantiknya anggota PPS Sekabupaten Majengka.

"Selamat atas pelantikan anggota PPS Kabupaten Majalengka. Semoga amanah dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya," ucap, Wabup Tarsono.

Dengan telah dilantiknya para anggota PPS untuk pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang, hal tersebut menunjukan adanya ke absahan para anggota PPS dalam menjalankan tugasnya sebagai panitia pemungutan suara ditingkat desa.

"Kami berpesan kepada para PPS, jadikan pelantikan, pengambilan sumpah janji dan penandatanganan fakta integritas ini agar dipahami dan dijadikan sarana untuk menghindari sikap dan perilaku menyimpang dari aturan yang berlaku," pesan, Wabup.

Namun yang terpenting, sambung Wabup, harus bersikap netral, bekerja profesional serta menguasai teknis pemilu agar tercipta penyelenggaraan pemilu yang Jujur dan Adil (JURDIL).



Pemkab Majalengka akan terus berkomitmen untuk memberi dukungan demi kelancaran dan suskesnya penyelenggaraan baik itu Pilkada maupun Pemilu ditiap tahapan.

Selain itu Pemkab Majalengka akan memfasilitasi sarana dan prasarana bagi penyelenggara pemilu agar dapat menciptakan pemilu yang sukses, jujur, adil, langsung, bebas dan rahasia demi mewujudkan Majalengka yang bermartabat, maju dan sejahtera. ** (Agit)