Operasi Ketupat 2023 Sukses, Komisi V DPR RI Apresiasi Pemerintah dan Polri

By Sigit 25 Mei 2023, 11:49:27 WIB Nasional
Operasi Ketupat 2023 Sukses, Komisi V DPR RI Apresiasi Pemerintah dan Polri

Keterangan Gambar : Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI terkait evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2023.


MEGAPOLITANPOS.COM Nasional - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang diwakili Dirgakkum Brigjen Pol Aan Suhanan bersama Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI terkait evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Brigjen Pol Aan Suhanan dalam paparannya mengatakan kesuksesan pengelolaan Operasi Ketupat 2023 tidak terlepas dari kerjasama stakeholder terkait dan masyarakat.

"Jauh-jauh hari kami telah melakukan survey kesiapan jalan dan sistem. Faktor pendukung pertama sinergi dan kolaborasi dan kedua adanya regulasi tentang pembatasan arus lalulintas sangat efektif. Selanjutnya kecepatan menyampaikan informasi kepada masyarakat," kata Brigjen Pol Aan Suhanan di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu(24/5/2023).

Baca Lainnya :

Faktor pendukung keempat lanjutnya, ada tambahan lajur di tol Cikampek serta infrastruktur pendukung yang sudah cukup baik. Serta fungsi K3I Korlantas Polri yang dinamis dan kolaboratif terhubung dengan Posko Kemenhub.

"Operasi Kepolisian tahun ini menerjunkan 148.211 personel gabungan diterjunkan sangat membantu bertindak khusus baik di jalan arteri dan jalur wisata, termasuk dibukanya pelabuhan dan Jalan tol existing dan fungsional," ungkapnya.

Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan pada Operasi Ketupat 2023 angka kecelakaan turun 18% dan korban meninggal dunia berkurang 28% dari tahun lalu. Sementara untuk rekayasa lalulintas Contraflow di jalur nasional sebanyak 23 kali dan Oneway 10 kali saat mudik dan Contraflow 24 kali dan Oneway 9 kali saat arus balik.

"Temuan kami Pelabuhan Ciwandan sempat terjadi antrian panjang akibat Kapal Pandu mengalami keterlambatan, tahun depan bisa dipersiapkan. Kapasitas rest area terbatas dan infrastruktur jalur arteri dan wisata kurang memadai. Pembatasan kendaraan sangat efektif 90% mentaati dan imbauan pemerintah kepada masyarakat juga sangat efektif," jelasnya.

Brigjen Pol Aan Suhanan memberikan rekomendasi pertama, jalur Tol Cipali dilengkapi sarana pendukung antara lain CCTV dan menambah satu lajur. Flow rest area pintu masuk dan keluar tidak berdekatan dan menambah kapasitas rest area.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengapresiasi pengamanan dan pelayanan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. Apresiasi diberikan terkait angka kecelakaan dan korban jiwa turun dibanding tahun lalu.

"Komisi V meminta Korlantas Polri melakukan evaluasi dan kajian skema rekayasa lalulintas dalam mengurai kemacetan, ini sifatnya normatif," kata Lasarus.

Turut hadir dalam paparan Kabagops Kombes Pol Eddy Djunaedi, perwakilan Menteri PUPR, perwakilan BMKG, perwakilan BASARNAS dan stakeholder terkait. ** (Rosidi)




  • Gong DK PWI Pusat Terapkan Sangsi Bagi Pengurus yang Diduga Menyalahgunakan Dana CSR BUMN untuk UKW

    🕔02:14:07, 17 Apr 2024
  • Semarak Pilkada : KPU DKI Gelar Sayembara Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur

    🕔02:26:31, 17 Apr 2024
  • 25 April PWI Jaya Bakal ada Ketua Baru

    🕔18:55:14, 16 Apr 2024
  • Pemilihan Ketua PWI Sebentar Lagi, Duet Kesit BH & Dr.Yusuf MS Layak Menjadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    🕔20:52:19, 15 Apr 2024
  • PWI Gate, Besok DK terapkan Sangsi Bagi Terduga Penyimpangan Dana CSR BUMN untuk UKW PWI Pusat

    🕔20:55:19, 15 Apr 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.