Ketua PWI Pusat Takjub Perayaan HPN Jabar di Karawang, Hadirkan Budayawan dan UMKM

By Sigit 20 Mei 2023, 19:40:16 WIB Jawa Barat
Ketua PWI Pusat Takjub Perayaan HPN Jabar di Karawang, Hadirkan Budayawan dan UMKM

Keterangan Gambar : Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Kabupaten Karawang.


MEGAPOLITANPOS.COM Karawang - Ketua Umum Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari mengaku takjub atas perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Kabupaten Karawang.

Atal menyebut, rangkaian HPN tingkat Jabar di Karawang ini sangat besar dan luar biasa.
Dengan disugguhkan pagelaran seni budaya baik asli Karawang, Jawa Barat hingga dari sejumlah delegasi negara. Kemudian ada juga bazar UMKM dalam kegiatan HPN tingkat Jabar di Karawang.

"Luar biasa bisa acara seperti ini, ini acara sangat besar. Saya lihat rangkaian acara di HPN di Karawang saya ingin katakan ini miniaturnya HPN di Medan, hebat," kata Atal di acara Napak Jagat Tarumanegara di Street Carnival Galuh Mas Karawang pada Sabtu (20/5/2023).

Menurutnya, HPN tingkat Jabar di Karawang ini bisa menjadi insiprasi baru. Setiap pelaksanaan HPN tingkat provinsi.

Sebab, puncak perayaan HPN itu rangkaian acaranya biasanya itu ada pameran, pesta rakyat dan seminar yang sangat melelahkan. Tapi HPN di Karawang melakukan hal berbeda, dengan digelarnya gebyar kebudayaan.

"Ini inspirasi baru, saya ucapkan selamat penggagas acara ini. Hebat dan sangat luar biasa," beber dia.

Sementara itu Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah kegiatan HPN tingkat Jawa Barat.

Kegiatan ini dibangun dengan sebuah kolaborasi dan sinergitas semua elemen. Mulai dari pihaknya Pemerintah Kabupaten Karawang, Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang, DPRD Karawang, maupun tokoh seni budaya dari LSM Lodaya.

Kegiatan ini diharapkan mampu berdampak positif bagi ekonomi, budaya, sosial, dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

"Kami ucapkan selamat dan sukses. Termasuk LSM Lodaya telah kolaborasi dengan tema-teman pers, mudah-mudahan kegiatan ini bukan simbol seremonial tapi juga semuanya, ditanamkan pada diri kita semua," katanya.

Sementara Ketua Umum LSM Lodaya, Nace Permana mengatakan, pihaknya ikut bersama dalam memeriahkan rangkaian HPN tingkat Jawa Barat di Karawang.

Tema yang diusung ialah Napak Jagat Tarumanegara. Dalam acara itu, ada perlombaan tarian Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng dengan peserta seluruh Jawa Barat.

Lalu, ada berbagai kesenian tradisional dan turut ada penampilan penari dari tiga negara India, Singapora dan Korea Selatan. Negara negara tersebut merupakan negara anggota Federation Of Internasional Dance Festival (FIDAF).

"Kami juga ada mengarak bedog lubuk ukuran 7,2 meter, dengan berat bisa mencapai satu ton. Bedog lubuk menjadi simbol perjuangan dam lambang Karawang," katanya.

Dalam kegiatan itu, hadir Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandim 0604 Karawang Letkol KAV Makhdum Habiburahmanz Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri, Ketua PWI Pusat, Ketua PWI Jawa Barat, Ketua PWI se-Jawa Barat,  Ketua IKWI Pusat, Ketua IKWI Jabar, Ketua FIDAF Pusat dan Ketua FIDAF Jabar.

Puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Karawang digelar besok Sabtu (19/5/2023) dan Minggu (20/5/2023).

Pada puncak perayaan ada sejumlah kegiatan acara. Mulai pada Sabtu (20/5/2023) pagi hingga Minggu (21/5/2023), ada Gelar Seni Budaya Napak Jagat Tarumanagara dan Bazzar UMKM berlokasi di Street Carnival Galuh Mas Karawang.

Di dalamnya, ada arak-arakan Bedog Lubuk Karawang, Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng, serta berbagai kesenian tradisional dan turut tampil menari dari tiga negara India, Singapora dan Korea Selatan. Negara negara tersebut merupakan negara anggota Federation Of Internasional Dance Festival (FIDAF).

Pada Sabtu (20/5/2023) pukul 19.00, kegiatan malam puncak HPN Jabar di Hotel Mercure Karawang.

Kegiatan malam puncak itu, akan dihadiri sejumlah pejabat dari kementerian, provinsi jawa barat, kabupaten karawang tamu undangan lainnya. Akan ada malam penganugrahan dan penghargaan kepada sejumlah pejabat dan tokoh.

Lalu, pada Minggu (21/5/2023) ditutup juga acara City Tour ke Puncak Sempur khusus PWI. Nanti akan ada penampilan senin dan budaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, games dan lomba lempar pisau.



Aep mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari seluruh pihak. PWI Jawa Barat, PWI Karawang dan tentunya para sponsor.

Yakni, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Yamaha, Summarecon Bandung, Pos Indonesia, Djarum Foundation, Deta Group, Bank BJB, BJB Syariah, Migas Hulu Jabar, Star Energy, Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang.

Kemudian, Perumdam Tirta Tarum, Galuh Mas, Rolling Hills, Summarecon Karawang, PT HM Sampoerna, PLTGU, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Pindo Deli Pulp and Paper Mils, KPU Karawang, Bank Bjb, PLN Karawang, Pertamina Onwj, Peramina EP, Pertagas, Sanema Tour and Travel, Bogasari,  Lira Medika, PT Pupuk Kujang dan PLTGU Jawa Satu Power. ** (Agit)




  • Kapolsek Palasah dan Anggota Gelar Doa Bersama serta Santunan untuk Anak Yatim

    🕔09:46:13, 16 Sep 2023
  • Kepengurusan KONI Kabupaten Majalengka Masa Bakti 2023-2027 Resmi Dilantik

    🕔15:46:21, 16 Sep 2023
  • 2 Alat Berat Berhasil Diamankan Usai Temukan Kegiatan Penambangan Ilegal di Cigasong Majalengka

    🕔10:57:28, 08 Sep 2023
  • Tour De Walisongo di Cirebon Sukses, Dewan Syura PKB : Terima Kasih Warga Cirebon

    🕔19:03:29, 08 Sep 2023
  • Kejaksaan Negeri Majalengka Kembali Musnahkan Barang Bukti Hasil Kasus Pidana Umum

    🕔11:14:32, 30 Agu 2023