Pemkot Blitar Bersama BPS Kota Blitar Bersinergi Bangun Indeks Pembangunan Statistik Sektoral

By Sigit 23 Mei 2023, 16:34:24 WIB Jawa Timur
Pemkot Blitar Bersama BPS Kota Blitar Bersinergi Bangun Indeks Pembangunan Statistik Sektoral

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar - Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama yang akuntabel, Pemerintah Kota Blitar menjalin hubungan peningkatan kerja dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar untuk meningkatkan capaian Indeks Pembangunan Statistik Sektoral. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala BPS Kota Blitar, Bambang Indarto usai acra vidcon di ruang ISC, Dinas Kominfo dan Statistik Kota Blitar pada Jum'at siang (19/05/223).

Kepada awak media Kepala BPS Bambang Indarto mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral yang dilaksanakan 2022, dimana antara BPS dengan Pemkot Blitar bisa berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama BPS agar menghasilkan indeks pembangunan statistik yang saling terintegrasi.

pada kegiatan ini Bambang juga menyebutkan  terdapat sejumlah domain. Meliputi prinsip satu data Indonesia, kualitas data, proses fisik statistik, kelembagaan dan statistik nasional. Selanjutnya, BPS bersama Pemerintah Daerah akan menyiapkan pembentukan tim penilai internal, struktur tim penilai internal hingga menyiapkan tugas dan fungsi penilai internal.

Baca Lainnya :

"Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral yang dilaksanakan tahun lalu oleh BPS Pusat," kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar, Mujianto mengatakan penyelenggaraan statistik sektoral yang diikuti secara virtual bersama BPS Kota Blitar ke depan dinilai mampu membangun kolaborasi pengembangan satu data. Pihaknya menambahkan penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan uji coba tahun lalu dengan nilai indeks pembangunan sektoral mencapai 2,22 atau cukup. Mujianto menjelaskan adanya kolaborasi bersama BPS, tahun ini dapat memenuhi target sebesar 2,6. Kolaborasi tersebut dapat diawali dengan kegiatan yang dilakukan BPS bersama OPD terkait, melalui forum satu data di Kota Blitar yang nantinya diimplementasikan dalam rapat bersama OPD di lingkup Pemkot Blitar.

"Nilai IPS kita diuji coba 2022 lalu 2,22 atau cukup. Dengan kondisi ini tentunya diharapkan IPS kita bisa di angka 2,6," terang Mujianto.

Sementara itu, penilaian statistik sektoral terbagi atas penilaian mandiri, dokumen, interviu dan visitasi. (za/mp)




  • Hari Raya Idul Adha 1445 H Pemkab Blitar Bagikan 11 Ekor Sapi ke 6 Kecamatan, ini Harapan Bupati

    🕔15:04:24, 17 Jun 2024
  • Sambut HUT Bhayangkara, Polres Blitar Kota Gelar Kapolres Blitar Kota E-Sport Competition

    🕔19:43:29, 17 Jun 2024
  • HUT Bhayangkara Ke 78 TNI-Polri Kota Blitar Wujudkan Sinergitas dengan Gelar Bakti Religi di Goa Maria

    🕔20:57:45, 16 Jun 2024
  • Rini Syarifah Calon Bupati Blitar Satu-Satunya yang Jalani UKK, Tapi Juga Daftar ke Partai Nasdem ini Penjelasannya

    🕔13:52:22, 15 Jun 2024
  • Puncak Hari Anak Nasional, Ke-74 IGTKI dan Launching BUNDA SALUD 2024, Persiapan Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045

    🕔15:12:19, 14 Jun 2024