Menparekraf Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Maksimalkan Peran Medsos Untuk Pemasaran Produk

By Achmad Sholeh(Alek) 04 Jul 2024, 18:15:14 WIB UMKM
Menparekraf Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Maksimalkan Peran Medsos Untuk Pemasaran Produk

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Berau – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Berau untuk memaksimalkan platform media sosial dalam memasarkan produk mereka. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja lebih luas.


Dalam kunjungannya ke Mini Expo UMKM Kabupaten Berau yang digelar di Kediaman Bupati Berau pada Rabu (3/7/2024), Sandiaga mengapresiasi kualitas dari 23 produk ekonomi kreatif yang dipamerkan, mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen. Namun, ia juga menekankan perlunya peningkatan dalam memanfaatkan era ekonomi digital.

Baca Lainnya :


Saya melihat beberapa pelaku UMKM sudah menggunakan Instagram, namun ini perlu ditingkatkan. Banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk memasarkan produk UMKM seperti TikTok dan YouTube. Konten-konten yang menarik tentunya akan sangat membantu,” kata Sandiaga.


Menurutnya, media sosial memiliki peran besar dalam meningkatkan daya saing dan akses pasar produk-produk tersebut.


Sandiaga juga mengajak pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Berau untuk mengikuti berbagai program pendampingan, pelatihan, dan permodalan yang digagas oleh Kemenparekraf, seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Kedua program ini merupakan program unggulan Kemenparekraf yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.


Silakan Ibu Bupati memfasilitasi UMKM di Berau agar bisa kami berikan peningkatan melalui program pelatihan yang ada,” ujar Sandiaga.


Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga berharap branding “Lovely Berau” terus diperkuat, sambil melakukan upaya peningkatan kualitas dan keberlanjutan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Berau. Ia menegaskan bahwa konsep ekonomi hijau akan menjadi landasan pengembangan untuk kesejahteraan masyarakat.


“Banggalah memiliki Lovely Berau dan tingkatkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, serta ekonomi kreatif yang inklusif sebagai lokomotif pembangunan kita ke depan. Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia,” tegas Sandiaga.(AS).




  • Dorong UMKM Tembus Pasar Global, Bea Cukai Gandeng BNI Xpora Gelar FGD UMKM Series Ekspor di Denpasar

    🕔11:19:57, 19 Jul 2024
  • KemenKopUKM dan BRIN Jajaki Kerja Sama Komersialisasi Hasil Riset Pengembangan UMKM

    🕔12:11:43, 19 Jul 2024
  • BNI Rayakan HUT ke-78 dengan Luncurkan wondr by BNI dan Gelar BNI Expo 2024

    🕔16:58:31, 19 Jul 2024
  • Manjakan Nasabah Generasi Z dan Milenial, BNI Gelar Emerald Private Golf Clinic Gen 2.0

    🕔10:36:27, 18 Jul 2024
  • Dorong Pertumbuhan Ekonomi, LPDB-KUMKM Tingkatkan Optimalisasi Penanganan Piutang Bermasalah

    🕔10:53:23, 18 Jul 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.