DPRD Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Sampaikan 7 Pandangan Umum Fraksi Terhadap Usulan Raperda

By Sigit 05 Apr 2023, 13:16:19 WIB Jawa Timur
DPRD Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Sampaikan 7 Pandangan Umum Fraksi Terhadap  Usulan Raperda

Keterangan Gambar : Rapat Paripurna Pada saat itu dihadiri langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah di DPRD Blitar


MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD ) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna pada senin, 20 maret 2023 dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum (PU) seluruh  Fraksi-fraksi DPRD atas Penjelasan Bupati Blitar terhadap Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah Usulan Bupati Blitar Hj.Rini Syarifah)


Rapat paripurna DPRD berlangsung di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar yang dipimpin Mach. Rifa’i selaku Wakil Ketua DPRD  dari Fraksi PKB didamping wakil ketua Mujib, SM dan Susi Narulita Kusuma Dewi.

Baca Lainnya :

Rapat Paripurna Pada saat itu dihadiri langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah, Sekertaris Daerah Izul Marom, Kepala OPD Kabupaten Blitar serta segenap  nggota DPRD Kabupaten Blitar.


Usai memimpin rapat paripurna, M.Rifa’I kepada wartawan mengatakan, bahwa rapat paripurna hari ini merupakan tahap lanjutan dari rapat paripurna yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 maret 2023 lalu. Penyampaian pandangan umum fraksi diawali dari fraksi GPN, Terhadap Ranperda tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah, fraksi GPN mendukung untuk pembahasan menjadi Perda Kabupaten Blitar.

Kami berpandangan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah adalah merupakan salah satu sumber APBD Kab. Blitar, yang secara realitas perkembangannya sangat dinamis, baik yang menyangkut subyek maupun obyek pajak dan retribusi, yang salah satunya disebabkan penetapan kota kecamatan, tingkat atau status jalan.

Bupati Blitar telah menyampaikan penjelasan mengenai latar belakang, maksud dan tujuan 7 ( tujuh ) rancangan peraturan daerah usulan Bupati yaitu :

Ranperda Tentang Pendirian Bank Perkreditan Rakyat Hambangun Arta Selaras; Ranperda Tentang Penyertaan Modal Daerah Pendapatan Asli Daerah Bank Perkreditan Rakyat Hambangun Arta Selaras;

Ranperda Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah; Ranperda Tentang Penyelengggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial;

Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Blitar Tahun 2023 – 2043;

Ranperda Tentang Pengarusutamaan Gender; Ranperda Tentang Irigasi.

Dari fraksi PDI-P menyampaiakan, perlunya perbaikan sistem manajemen PT. Hambangun Artha Selaras sangat penting dilakukan menejemen lalu lintas pembayaran, hingga menejemen  SDM nya.  perbaikan kondisi PT. Hambangun Artha Selaras terlebih tertata, menjadi perusahaan perseroan daerah yang masuk akal.


Fraksi Goldem menyampaiakan bahwa Dari 7 (Tujuh) RANPERDA usulan Bupati tersebut, 5  diantaranya “Menerima dan Menyetujui” untuk ditindaklanjuti dalam pembahasan, namun 2 (dua) usulan berkaitan dengan RANPERDA tentang pendirian BPR HAMBANGUN ARTA SELARAS dan RANPERDA tentang Penyertaan Modal Daerah PAD BANK PERKREDITAN RAKYAT HAMBANGUN ARTA SELARAS kami Fraksi.

 Golkar-Demokrat “tidak menyetujui” untuk ditindaklanjuti dalam pembahasan.

Dari fraksi PAN menyoroti terkait Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan lakd-laki untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang kehidupan pembangunan nasional dan daerah. Tujuannya adalah untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Mengawali Pandangan Umum Fraksi PKB, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pimpinan Sidang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap 7 (Tujuh) Ranperda Usulan Bupati, menyatakan setuju atas Ranperda tersebut.** (adv/za/mp)




  • Meriah Malam Tasyakuran Bersih Desa Selorejo Gelar Wayang Kulit Lakon Wahyu Kamulyan Jati ini Maknanya

    🕔11:43:43, 14 Jul 2024
  • BEN Carnival III Blitar Keren Awesome Indonesia Ajang Kreasi Budaya Warisi Ajaran Tri Sakti Bung Karno

    🕔13:26:42, 13 Jul 2024
  • Rangkai Acara Bersih Desa Selorejo Bagian Manivestasi Melestarikan Adat Budaya Jawa

    🕔16:08:02, 12 Jul 2024
  • Muharam Sulistiono Balon Bupati dari PDI P dengan Demokrat Disambut Hangat Ketua DPC Edy Masna Saat Mengembalikan Formulir Pendaftaran

    🕔16:36:29, 12 Jul 2024
  • Demi Menjaga Kondusifitas Blitar Raya PSHT Cabang Kabupaten Blitar Tanda Tangani Ikrar Damai

    🕔14:44:58, 08 Jul 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.