Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Bentuk Ikatan Moral yang Kuat Bagi Rakyat Jawa Timur

By Johan MP 23 Sep 2022, 21:34:14 WIB Jawa Timur
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Bentuk Ikatan Moral yang Kuat Bagi Rakyat Jawa Timur

Keterangan Gambar : Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Bentuk Ikatan Moral yang Kuat Bagi Rakyat Jawa Timur


MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar - Sebagai bentuk rasa dan tali ikatan yang kuat antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Daerah serta seluruh rakyat Jawa Timur, Pemrop Jatim dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dengan tema "Optimis Jatim Bangkit. Kirab Pataka Ini dilakukan baru kali pertama di Jawa Timur.



Kirab Pataka mengelilingi seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur menempuh jarak sekitar 2000 km, dimulai sejak tanggal 16 September 2022 sampai dengan 11 Oktober 2022. Pataka Jer Basuki Mawa Beya pada Jum'at sore (23/09/22) diserahterimakan dari Pemkot Kediri ke Pemkab Blitar dengan upacara di Pendopo Sasana Adi Praja dipimpin oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom.

Baca Lainnya :

Prosesi penyerahan Pataka tersebut dilakukan oleh Kasatpol PP Kediri Eko Lukmanto diserahkan kepada Sekertaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom. Penyerahan Pataka disaksikan oleh unsur Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, para Asisten, Kepala OPD Camat se Kabupaten Blitar.



"Setelah diserhkan selanjutnya Pataka dan Ripta Prasasti Jer Basuki Mawa Beya disemayamkan di Kantor Kabupaten Blitar di Kanigoro, sengaja Gubernur melakukan kirab ini agar pataka dan Ripta Prasasti akan lebih dikenal oleh masyarakat seluruh Jawa Timur,"ungkap Sekda Izularom

Selanjutnya Izul berharap kegiatan ini juga akan berlangsung di tahun - tahun mendatang, kehadiran Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini juga akan memberikan suport tersendiri bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Blitar untuk lebih maju dan lebih sejahtera.

"Semarak kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya adalah hikmah bagi Kabupaten Blitar, selain itu apan yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Timur, Pataka tidak hanya dirasakan di Surabaya, akan tetapi juga lebih menggema di seluruh Jawa Timur,"pungkasnya.

Setelah disemayamkan di Kantor Bupati Kanigoro, acara kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan dikirab dan diserahkan  ke Pemerintah Kota Blitar, prosesi pelepasan Pataka pada Sabtu (24/09/22) rencana akan dilakukan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Blitar. (za/mp)