FIKOM UPDM(B) Diharapkan Memberikan Pendidikan Bermutu Tinggi Berstandar Internasional
Prof. Gati Gayatri mengatakan FIKOM ini bisa terus berkembang kalau mempunyai integritas

By Ahmad Romdoni 23 Agu 2022, 12:33:58 WIB DKI Jakarta
FIKOM UPDM(B) Diharapkan Memberikan Pendidikan Bermutu Tinggi  Berstandar Internasional

Keterangan Gambar : Dosen FIKOM dan Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UPDM(B): Prof. Dr. Gati Gayatri, M.Si.


MEGAPOLITANPOST.COM – Jakarta-Saat ini FIKOM UPDM(B) sedang menghadapi era perubahan yang sangat cepat karena desakan dari perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang komunikasi dan informasi yang sedemikian besar. Hal tersebut dikatakan oleh Prof. Dr. Gati Gayatri, M.Si, Dosen Senior FIKOM dan Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UPDM(B) di kampus UPDM(B) di Jalan Swadarma, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

Prof. Gati Gayatri mengatakan sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi di bidang komunikasi, FIKOM UPDM(B) di bidang komunikasi tentu harus mengikuti perkembangan teknologi yang perlu segera diikuti dengan perubahan-perubahan dan sistem pendidikan yang diselenggarakannya, sehingga lulusan FIKOM ini bisa bekerja di bidang media, wirausaha atau lembaga di perusahaan media, bidang pers atau bidang komunikasi lainnya. Kita mengharapkan FIKOM ini segera melakukan perubahan yang agak besar.

Baca Lainnya :

 

Substansi pendidikan tadi juga para pengajar, visi manajemennya berbagai fasilitas yang diperlukan di dalam pendidikan, pengajaran, termasuk laboratorium maupun tempat-tempat mahasiswa bisa berlatih bekerja atau mengasah keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan di lapangan kerja nantinya. Selain dari perkembangan teknologi, tantangan yang dihadapi oleh FIKOM UPDM(B) yang salah satunya perlu diwaspadai adalah persaingan antar perguruan tinggi, tentu saja persaingan kualitas, bukan persaingan kuantitas.

 

Menurut Prof. Gati Gayatri, persaingan kualitas ini sangat mungkin dimenangkan oleh FIKOM UPDM(B) karena modal pengalaman sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang komunikasi. Sekarang tinggal bagaimana secara cerdik, secara cerdas pengelola FIKOM ini bisa membaca situasi dan menjabarkan berbagai tuntutan baik teknologi maupun lapangan kerja atau pun tuntutan lainnya ke dalam sistem manajemen perguruan tinggi di era digital dan era persaingan global.

 

Ditanya wartawan megapolitanpost.com bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh FIKOM UPDM(B) agar lebih maju? Prof. Gati mengatakan pertama adalah niat untuk merubah, niat untuk terus berkembang yang harus disegarkan kembali dan harus dilaksanakan. Misalnya, niat untuk kembali memenangkan persaingan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Standar kualitas Pendidikan di FIKOM ini harus ditetapkan dan kalau niat untuk mendapatkan mahasiswa sebanyak banyaknya, tentu pemasaran dan langkah-langkah yang diperlukan harus dipenuhi. Kalau niat ini memang bagian dari pengabdian kita dari negara Indonesia tercinta ini, tentu FIKOM ini akan memberikan yang terbaik bagi generasi muda, mahasiswa FIKOM UPDM(B) yang bisa kita berikan adalah kualitas pendidikan yang bermutu tinggi, kalau bisa berstandar internasional. Kalau niatnya itu, tentu harus diikuti dengan penyesuaian dosen-dosen yang memang melaksanakan uni internasionalism FIKOM ini.

 

Selanjutnya, bagaimana harapan ke depan agar FIKOM UPDM(B) dapat maju dan berkembang? Prof. Gati Gayatri mengatakan FIKOM ini bisa terus berkembang kalau mempunyai integritas yang tinggi terhadap tugas-tugas pendidikan tinggi. Prof. Gati mencontohkan misalnya FIKOM ini ikut membangun pengembangan ilmu komunikasi di Indonesia melalui riset yang berkualitas dan membantu persoalan negara yaitu menyediakan tenaga kerja terampil di bidang komunikasi. Untuk bisa melakukan tujuan-tujuan seperti ini, sisi manajemen dan pengorganisasian pendidikan komunikasi harus segera disesuaikan dengan semangat pengabdian pada ilmu komunikasi. Slogan-slogan FIKOM menurut Prof. Gati adalah FIKOM terus maju, mengabdi kepada ilmu komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.Penulis: Paulus Budhiadi