Lima Tips Aman Listrik Saat Libur Panjang Idul Adha

By Achmad Sholeh(Alek) 17 Jun 2024, 17:32:50 WIB Nasional
Lima Tips Aman Listrik Saat Libur Panjang Idul Adha

Keterangan Gambar : Petugas PLN sedang melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat


MEGAPOLITANPO.COM, Jakarta-- Hari Raya Idul Adha, salah satu momen penting bagi umat Muslim, seringkali diisi dengan berbagai aktivitas, termasuk meninggalkan rumah untuk berkumpul dengan keluarga dan beribadah. Ditambah lagi, Idul Adha kali ini dibarengi dengan libur panjang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah tetap aman selama perayaan ini. Berikut adalah beberapa dari tips PLN yang dapat membantu Anda:






Poto: Berbagai pilihan besaran token listrik di aplikasi PLN Mobile, mulai dari Rp5000 hingga Rp1.000.000.

1. Cabut Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan: Pastikan semua perangkat elektronik seperti televisi, komputer, dan peralatan dapur dicabut dari stop kontak. Ini dapat menghindari risiko korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

2. Nyalakan Lampu Penerangan Seperlunya: Jaga penerangan di beberapa bagian rumah seperti teras, bagian tengah, dan sisi belakang agar tetap terpantau situasinya, terutama bagi yang memasang CCTV.

3. Periksa Kondisi Instalasi Listrik di Rumah: Pastikan tidak ada kabel yang rusak atau terkelupas yang dapat menimbulkan risiko korsleting.

4. Gunakan Perangkat Smart Home: Di saat kelupaan dan sudah dalam perjalanan, penggunaan perangkat ini dapat membantu untuk mengendalikan ataupun mematikan perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet melalui aplikasi di ponsel pintar.

5. Isi Token atau Bayar Tagihan Listrik Melalui PLN Mobile: Bagi pelanggan pra-bayar, isi token listrik terlebih dahulu sebelum bepergian. Begitu juga bagi pelanggan pasca-bayar, bayar dulu tagihan listrik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk menghindari listrik padam.






”Untuk masyarakat yang merayakan Idul Adha dan meninggalkan rumah untuk tetap berhati-hati, waspada dan lakukan cek kembali alat elektronik di rumah. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tetap tenang dan nyaman saat di luar rumah,” ujar Lasiran, General Manager PLN UID Jakarta Raya, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/6/2024).

Masyarakat juga sebaiknya memberitahukan kepada tetangga atau petugas keamanan setempat jika akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sehingga mereka dapat membantu memantau kondisi rumah. Keamanan rumah dan penggunaan listrik yang bijak selama libur Idul Adha adalah hal yang sangat penting. 

“Lewat PLN Mobile, masyarakat dapat mengakses berbagai macam layanan terkait kelistrikan, untuk pembayaran maupun pembelian token listrik pun ada di aplikasi PLN Mobile. Apabila terjadi gangguan, pelanggan juga dapat melaporkan dan memantau penyelesaian gangguan melalui aplikasi,” jelas Lasiran.

Semoga tips ini dapat membantu dan membuat anda nyaman saat merayakan Idul Adha.(Reporter: Achmad Sholeh Alek).




  • KemenKopUKM Terus Bangun Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Modest Fesyen Dunia

    🕔17:20:31, 19 Jul 2024
  • Melalui Koperasi Multi Pihak, MenKopUKM Terus Berupaya Koperasikan Korporasi

    🕔19:01:03, 19 Jul 2024
  • Buat 4 Pernyataan Sikap, Puluhan Anggota PWI Bandung Raya Desak KLB Demi Selamatkan Organisasi

    🕔21:25:22, 19 Jul 2024
  • Peringati Harkopnas ke77 KemenKopUKM Tekankan Pentingnya Koperasi Bangun Ekonomi Mikro dan Kecil

    🕔23:24:39, 19 Jul 2024
  • Musrenbang 2024, Kapolda Metro Jaya: Pastikan Program Prioritas Tingkatkan Kinerja

    🕔13:14:07, 18 Jul 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.