Perbaikan Pelayanan Kesehatan Harus Jadi Prioritas Anies Sandi Dalam Program 100 Hari Kerjanya. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Perbaikan Pelayanan Kesehatan Harus Jadi Prioritas Anies Sandi Dalam Program 100 Hari Kerjanya.

Politik
perbaikan pelayanan kesehatan harus jadi prioritas anies sandi dalam program 100 hari kerjanya
Rekan Indonesia Saat Unras di TNP2K

Megapolitanpos.com. Jakarta -Masih buruknya pelayanan kesehatan bagi warga DKI di RS baik pemerintah maupun swasta menjadi hal penting bagi pemerintahan baru Anies Sandi di DKI Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) Provinsi DKI melalui siaran persnya, hari ini (28/4) di Jakarta.



Sekretaris DKI Jakarta, Martha Tiana Hermawan yang akrab dipanggil Tian menyatakan perbaikan pelayanan kesehatan di DKI merupakan hal mendesak yang harus dilakukan oleh Anies Sandi sebagai paslon pemenang pilkada versi quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey.



"Jika perlu masuk dalam skala prioritas program kerja 100 hari Anies Sandi" ujar Tian.



Selama ini telah terjadi kebohongan publik yang dilakukan pemerintah DKI sebelumnya melalui lembaga lembaga survey yang menyatakan bahwa tingkat kepuasan warga DKI cukup tinggi terkait pelayanan kesehatan di DKI. Padahal itu sangat bertolak belakang dengan kondisi riil di lapangan, dan hasil survey tersevut bertendensi pencitraan belaka. Demikian ungkap Tian.



"Di lapangan kita masih banyak jumpai permasalahan terkait pelayanan kesehatan dari mulai perawat yang tidak ada senyum, susah cari kamar rawat inap, susah cari ruang perawatan khusus (ICU, ICCU, HCU, NICU dan PICU), masih adanya pungutan terhadap pasien peserta BPJS, Penelantaran pasien di IGD sampai berjam-jam lamanya, sampai persoalan obat dan prosedur RS yang mempersulit pasien" papar Tian.



Ditambahkan oleh Tian, Anies Sandi harus bisa dengan cepat memperbaiki pelayanan kesehatan bagi warga DKI dengan cara diantaranya adalah memperkuat peran BPRS Provinsi dan memastikan keberpihakannya ada pada pasien bukan sebagai badan yang bekerja sebagai pemadam kebakaran yang hanya untuk menyelamatkan muka RS yang telah melakukan perlakukan buruk dalam pelayanannya.



Selain itu Tian juga menyampaikan Anies Sandi harus berani merombak Dinas Kesehatan (Dinkes) sehingga lebih berfungsi dalam melindungi hak pasien di RS.



"Selama ini Dinkes DKI cenderung lebih berpihak kepada RS dalam melakukan tindak lanjut keluhan pasien. Tidak ada sikap tegas Dinkes DKI dalam memberikan teguran atau pun sangsi kepada RS yang melakukan pelayanan buruk" ujar Tian.



"Sebaiknya Anies Sandi memilih Kepala Dinkes seorang perempuan karena sepanjang sejarah Dinkes DKI terlihat lebih peka terhadap persoalan warga yang dipersulit oleh RS jika dipimpin oleh seorang perempuan. Tidak seperti kepala Dinkes DKI yang sekarang terlalu acuh terhadap persoalan warga di RS" imbuh Tian.



Di akhir siaran persnya Rekan Indonesia Provinsi DKI berkomitmen akan mengawal dan mengontrol jalannya pelayanan kesehatan di DKI Jakarta agar program Anies Sandi di bidang kesehatan dapat berjalan sesuai janji janji pada saat kampanye kemarin.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top