5 Tahun Relawan Kesehatan Indonesia Melangkah Pasti Menuju Cita-Cita Revolusi Sistem Kesehatan Indonesia ! - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

5 Tahun Relawan Kesehatan Indonesia Melangkah Pasti Menuju Cita-Cita Revolusi Sistem Kesehatan Indonesia !

Opini Warga
5 tahun relawan kesehatan indonesia melangkah pasti menuju cita-cita revolusi sistem kesehatan indonesia
5 Tahun Rekan Indonesia

Megapolitanpos.com.Berganti-ganti pimpinan dinegara ini, namun yang namanya sejahtera tak kunjung juga dapat dirasakan. Kebutuhan hidup semakin sulit terpenuhi karena pendapatan yang didapatkan tak sebanding dengan pengeluaran. Hal ini tentunya semakin menambah keputusasaan dan ketidakpercayaan rakyat terhadap pemerintah Indonesia. Kesehatanpun yang seharusnya menjadi hal pokok yang wajib diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada rakyatnya, tak lagi dipenuhi. Padahal tanpa tubuh yang sehat, tidak dapat kita melakukan suatu hal yang tentunya berguna bagi kehidupan. Benar bahwa pemerintah Indonesia mencoba memberikan hak rakyat atas jaminan kesehatan dengan nama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan oleh BPJS, akan tetapi program tersebut hanyalah kebohongan belaka, sebagai pelipur lara derita rakyat atas beban hidup yang semakin berat dirasakan. Jaminan Kesehatan yang seharusnya berkualitas dan manusiawi, tidak hanya pada saat sakit, termasuk pencegahan tubuh agar tidak mudah terserang sakit penyakit, cukup makanan bergizi, lingkungan hidup yang sehat, dimana semuanya itu adalah hak rakyat, sesuai Pancasila dan UUD 1945, tak lagi dirasakan. Dengan alasan ketidaktersediaan dana, pemerintah Indonesia lari dari tanggung jawabnya. Hal yang seharusnya tidak mungkin terjadi di sebuah negeri yang begitu kaya raya akan sumber daya alam, dimana rakyatnya bisa hidup sehat dan sejahtera. Namun kenyataannya justru sebaliknya, rakyat Indonesia penuh penderitaan. Tanpa jaminan kesehatan yang layak dan manusiawi. Ketika urusan perut tak dapat lagi terpenuhi, nekat sudah pasti dilakukan rakyat. Semakin hilangnya rasa kemanusiaan antar sesama, mementingkan diri sendiri, pada akhirnya hal tersebut yang akan terjadi.


Organisasi rakyat yang mandiri, sebagai alat perjuangan rakyat untuk mendapatkan kembali haknya atas jaminan kesehatan yang berkualitas, manusiawi dan gratis!


Ditengah kebimbangan rakyat atas pelayanan kesehatan yang baik, 5 tahun lalu, tepatnya 10 Desember 2010, bertepatan dengan peringatan Hari HAM Sedunia, lahirlah Organisasi Masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan, dengan nama Relawan Kesehatan Indonesia (REKAN INDONESIA). Saya begitu bangga bisa menjadi bagian didalam Organisasi ini. Menjadi manusia yang memanusiakan manusia lainnya, menjadi pribadi yang senantiasa sukarela tulus ikhlas membantu sesama yang membutuhkan khususnya di bidang pelayanan kesehatan, semua saya pelajari bersama didalam Organisasi ini. Diawal yang dipenuhi keraguan dan ketidakpercayaan, apakah organisasi ini benar-benar baik, menjadi pemicu semangat saya untuk terus belajar semakin mengenal Relawan Kesehatan Indonesia ini.

Seiring berjalannya waktu, tentunya dengan dukungan dari kawan-kawan Relawan Kesehatan Indonesia semuanya, terlebih Ketua Umum Relawan Kesehatan Indonesia (Agung Nugroho), yang tidak pernah lelah memberikan masukan, kritik serta arahan, bagaimana menjadi seorang pribadi yang tulus berjuang, tangguh dalam segala kondisi perjuangan, kesadaranpun terus bertumbuh. Bahwa menjadi saluran berkat untuk sesama yang membutuhkan, bahwa berbuat kebaikan itu tidak perlu menunggu kalau kita memiliki banyak harta ataupun jabatan, tetapi cukup dengan membagikan apa yang kita miliki saat ini; pengetahuan, waktu dan tenaga, itu adalah hal yang luar biasa.

Cukup berbuat baik dan lupakanlah. Setidaknya hal-hal tersebut saya temukan dari kawan-kawan Relawan Kesehatan Indonesia dan semua itu semakin memantabkan keyakinan saya, untuk terus berjuang bersama Relawan Kesehatan Indonesia. Inilah pilihan hidup yang sudah saya ambil, dan tentunya dengan segala konsekuensinya. Memperjuangkan kebenaran, untuk sebuah keadilan (hak rakyat atas jaminan kesehatan kesehatan yang layak) bukanlah suatu hal yang mudah. Kebencian, cacian dan makian, menjadi suatu hal yang sering dirasakan oleh kami Relawan Kesehatan Indonesia. Lagi-lagi satu prinsip kami, yaitu berbuat baik dan lupakanlah. Karena pasti terjadi, suatu saat nanti, kebencian akan sirna, cacian dan makian akan berubah menjadi cinta dan kasih sayang, ketika mereka memahami atas apa yang kami perjuangkan ini, bukanlah untuk diri sendiri, akan tetapi untuk semua orang, karena hidup yang sehat, adalah hak rakyat. Pemerintah wajib memberikannya.
Oleh karena itu, kami Relawan Kesehatan Indonesia tidak pernah lelah ataupun berputus asa, mengajak seluruh rakyat Indonesia bergabung bersama dalam Organisasi ini, agar kita semua bisa bersama-sama berjuang untuk hak rakyat atas jaminan kesehatan yang berkualitas, manusiawi dan gratis, yang saat ini belum diberikan atau lebih tepatnya dirampas oleh pemerintah kita.

Hanya melalui Organisasi rakyat yang mandiri ini, hak rakyat yang dirampas bisa kita rasakan kembali. Karena tak bisa lagi kita menitipkan nasib kepada para wakil rakyat yang saat ini duduk didalam pemerintahan, yang sudah terbukti tak mampu lagi memperjuangkan hak rakyat ini. Perubahan hanya dapat dilakukan oleh diri sendiri, namun sebagai catatan khusus, yang sedang kita hadapi adalah birokrasi pemerintahan yang begitu sulit, dengan sistem yang begitu jahat, maka dibutuhkan kebersamaan, pengetahuan, taktik yang benar dan tepat untuk melawannya.

Dan jawaban dari persoalan tersebut adalah Organisasi rakyat yang mandiri serta tulus. Kebersamaan, Pengetahuan, Taktik yang benar dan tepat, semua itu bisa kita dapatkan didalam Relawan Kesehatan Indonesia. Oleh karena itu mari bergabung, mari satukan langkah dalam perjuangan bersama Relawan Kesehatan Indonesia, untuk wujudkan Jaminan Kesehatan Rakyat yang berkualitas, manusiawi dan gratis, sesuai Pancasila dan UUD 1945.


Langkah menuju cita-cita Revolusi Sistem Kesehatan Indonesia tersebut tentunya harus benar-benar dipersiapkan, butuh keterlibatan banyak orang dengan mental juang yang luar biasa.

Maka pendidikan-pendidikan tentang hak-hak rakyat atas jaminan kesehatan serta bagaimana memperjuangkan harus terus dilakukan, agar semakin banyak yang paham, semakin banyak yang terlibat. Membangun kolektif yang kuat juga menjadi bagian dari perjuangan ini, karena kami sadar kemampuan manusia terbatas. Butuh persatuan dan koordinasi yang baik, untuk mencapai cita-cita tersebut yaitu Revolusi Sistem Kesehatan Indonesia. Tidak ada perjuangan yang sia-sia terlebih jika kita melakukan dengan penuh ketulusan dan kesungguhan. Karena serendah-rendahnya kesadaran manusia adalah pasrah, titip nasib, diam dalam penderitaan tanpa sedikitpun perlawanan.


Dirgahayu Relawan Kesehatan Indonesia. Mari sebarkan seluasnya kebaikan. Satu keyakinan bahwa tunas-tunas perjuangan akan bermunculan, bersatu dalam perjuangan, kobarkan semangat perlawanan untuk keadilan, hingga jaminan kesehatan yang berkualitas, manusiawi dan gratis, nyata kita rasakan.



** Ketua Rekan Indonesia Jawa Timur

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top