Resiko Wartawan Tertular Covid-19, PWI Majalengka Keluarkan Surat Himbauan

0

Ketua PWI Majalengka Jejep Falahul Alam

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka-
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka keluarkan Surat Himbauan tentang protokol jarak sosial secara fisik sebagai pedoman terhadap jurnalis dalam tugas peliputan, upaya pencegahan sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona 19.

“Dasar dikeluarkan surat tersebut atas rujukan surat edaran Ketua Dewan Pers RI Prof. M. Nuh dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari,” kata, Ketua PWI Majalengka Jejep Falahul Alam. Kamis, (15/10/2020)

Lanjutnya menerangkan bahwa surat dengan Nomor : 72/B/PWI/MJl/X/2020 tentang Protokol Peliputan dan Penetapan Perlengkapan Kesehatan
bagi Wartawan.

“Menghimbau kepada rekan media di Majalengka agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan tetap waspada saat melakukan peliputan untuk tidak melakukan wawancara tatap muka maupun wawancara door stop,” ujarnya.

Jejep menambahkan, untuk sementara ini tidak menghadiri konferensi pers di ruang
tertutup maupun terbuka dan tidak mendekati keberadaan rumah sakit apalagi dengan mendatangi rumah pasien.

Jika sangat mendesak, jarak yang diperhatikan minimal 10 meter dari lokasi. Tak lupa selalu menjaga jarak dan menghindari dari kerumunan banyak orang,” imbaunya.

Dan, wartawan hendaknya selalu menggunakan masker, membekali diri dengan hand sanitizer, rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik di bawah air mengalir minimal 20 detik.

Tak hanya itu, diakhir Jejep juga menghimbau kepada pihak narasumber agar dapat memberikan keterangan pers melalui manfaat sarana teknologi.

“Seperti, teknologi virtual dan memberikan jawaban siaran pers dengan aplikasi yang tersedia guna membantu para jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Bisa melalui whatsapp atau sejenisnya,” tutupnya. ** (Sigit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here