Peningkatan Mutu Sejumlah Petani Ikan Budidaya Ikuti Bimtek Sosialisasi Perkoperasian,

0
drh. Adi Andaka Kadin peternakan

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Guna peningkatan pelaku usaha di bidang perikanan budidaya, Plasma binaan Dinas Perternakan Perikanan Kabupaten Blitar mengikuti kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan kualitas kelembagaan pelaku usaha pada hari Rabu (14/10/20) bertempat di hotel Gita puri Jalan Cemara Blitar.

kepala Dinas Peternakan Perikanan Melalui Kabid Perikanan Budidaya drh. angela Maria Andjari Laksmayoni mengatakan pembangunan perikanan budidaya masih jadi bahan pembicaraan yang menarik dan krusial sekarang.

Uraikan Bimtek petani budidaya ikan dengan Dinas Koperasi

“Untuk itu kami dari Seksi Pemberdayaan Pelaku Usaha dan Kelembagaan pembudidayaan ikan perlu memberikan arahan akan pentingnya Perkoperasian untuk Pembudidaya Ikan, agar mampu, trampil dengan ikut Pelatihan Budidaya Ikan,” kata Andjari

Pelatihan yang diikuti oleh 29 peserta ini lanjut Andjari, melibatkan Ketua Dekopinda Kab Blitar, Wahyudiono SE narasumber, dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Didik Wahyudi D., SE, MM (Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi). Pihaknya juga menjelaskan alasanya mengapa memilih Koperasi sebagai patner.

drh. Andjari

” Jadi ini alasanya kami menggandeng Dinas Koperasi, karena Koperasilah yang memiliki Badan Usaha yang beranggotakan orang perorangan atau Badan Hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi,” paparnya.

Baca Juga : Inovasi Kreatif Poklahsar Modal Bangkitnya Perekonomian Saat Pandemi

Selain itu Wadah Koerasi juga sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan, Koperasi sebagai model lembaga yang ideal, karena Koperasi adalah Badan Hukum yang memiliki legalitas jelas sekaligus Badan Usaha yang bisa menunjang kepentingan ekonomi anggota untuk menuju kesejahteraan ekonomi anggotanya.

“Jadi Karena Prinsip koperasi merupakan landasan pokok koperasi
anggota sebagai pemilik sekaligus pelanggan,
anggota bergabung atas kepentingan ekonomi yang sama, dan membangun usaha bersama atas dasar kekuatannya sendiri berasas kekeluargaan dan prinsip koperasi didirikan, dimodali, dibiayai, diatur, diawasi serta dimanfaatkan oleh anggota,” ujarnya.

Selain itu usaha koperasi dapat dikembangkan sejalan dengan terbentuknya jejaring kerja selama menjalankan usahanya,”Nah, sekarang pilihannya tergantung kepada para pembudidaya ikan, mau bergabung dalam Koperasi ataukah pilih lembaga yang lain,” pungkasya.(Adv/Kmf.za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here