LSM KRPK Minta Komisi III DPRD Tertibkan Tambang di Kabupaten Blitar

1

LSM KRPK minta Komisi III DPRD tertibkan tambang di Kabupaten Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Maraknya pertambangan di Kabupaten Blitar akhir – akhir ini menyita perhatian kelompok masyarakat peduli yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantasan Korupsi (KRPK) yang mengkritisi adanya penambangan yang sangat merugikan kususnya dalam sektor penambahan Pendapatan Asli Daerah .

Ketua KRPK M. Trianto usai beraudien dengan komisi III menyampaikan, fakta-fakta di lapangan beberapa penambang liar ini yang terkesan ada pembiaran, sehingga dampak penambang liar sangat luar biasa.

“Kita menyikapi akibat selain pengrusakan lingkungan, juga banyak jalan rusak akibat over tonage, dan ini harus ditertibkan,”ungkapnya.

Masih menurut Trianto terkait penambangan liar pihaknya minta mulai hari ini Selasa (07/10/20) agar ada reaksi menutup semua jenis penambangan,” Tadi kita sudah sampaikan penekananya dan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, dari penegak Perda dan penegak hukum,”imbuhnya

Sementara itu Panoto selaku Sekertaris Komisi III mengatakan beberapa pendapat masukan yang konstruktif dari KRPK tadi sehingga mendorong kepada Pemkab Blitar, agar bagaimana pemerintah daerah dalam rangka mengelola persoalan tambang galian C lebih efektif yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah di kabupaten Blitar .

” Ini sekaligus bagaimana agar supaya efek dari semua yang diakibatkan adanya persoalan tambang galian C di kabupaten Blitar ini tidak kemudian terus berkepanjangan termasuk perusahaan perusahaan baik perusahaan lingkungan sistem perusahaan infrastruktur dan lain sebagainya,”kata Panoto.

Masih kata Panoto saat ini regulasi yang pada akhirnya mampu untuk mengantisipasi semua persoalan tersebut sudah bersepakat dengan Lsm KRPK dan beberapa komponen yang lain dan juga dari teman-teman eksekutif bersepakat untuk melakukan penertiban terkait dengan adanya pengelolaan tambang-tambang liar yang ada di Kabupaten Blitar dan mudah-mudahan ini komitmen bersama ini segera bisa di tindaklanjuti.

” Semuanya memang melalui proses yang pasti di tahun 2021 nanti mudah-mudahan Ini sudah bisa kita dapatkan kita miliki Perda terkait tata kelola tambang di Kabupaten Blitar .(za)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here