Dinkes Pamekasan Catat 368 Penderita Kusta - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dinkes Pamekasan Catat 368 Penderita Kusta

Berita Daerah
dinkes pamekasan catat 368 penderita kusta
Ilustrasi

MEGAPOLITANPOS.COM, Pamekasan - Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dalam kurun dari tahun 2017 sampai tahun 2019 mencatat ada 386 penderita kusta di Pamekasan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ali Maksum kepada Megapolitanpos.com menjelaskan, angka penderita kusta diakhir 2018 tercatat 368 orang, meningkatnya penderita kusta lantaran pengobatan pada tahun sebelumnya belum tuntas dan penyakit sejenis kusta memerlukan waktu yang lama dalam proses kesembuhannya.

"Dari sisa pengobatan lalu belum tuntas dan penyembuhan dari kusta memerlukan waktu yang tidak sebentar," tuturnya.

Lebih lanjut Ali menambahkan, penderita kusta tersebut tidak bisa memastikan apakah penderita kusta bisa ditangani sekalipun pemkab setempat untuk mencanangkan program Pamekasan Eliminasi Kusta (Pelita) ditahun 2017 yang lalu.

"Pelita tersebut hanya untuk mengeliminasi dan bukan untuk membebaskan Pamekasan dari kusta, " jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Pamekasan, Samsuri mendesak pihak Dinkes untuk lebih aktif dalam melakukan pengobatan terhadap penderita kusta dan bahkan ia menyebut jika Dinkes tak boleh mandul dalam bekerja.

"Hal Ini dalam pengupayaan harus gencar melakukan sosialisasi dan jangan hanya menghabiskan anggaran," tandasnya. (Dyh).

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top