FORMAL Geruduk Inspektorat dan Kejari Majalengka Tuntut Tidak Tebang Pilih - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

FORMAL Geruduk Inspektorat dan Kejari Majalengka Tuntut Tidak Tebang Pilih

Berita Daerah
formal geruduk inspektorat dan kejari majalengka tuntut tidak tebang pilih
FORMAL geruduk Kejari dan Inspektorat

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Majalengka-LSM Penjara Indonesia, Basmi, Laskar Merah Putih Indonesia, LPM RI, Gempur, LIPA, Labrak, LBH SGJ, Lembaga Bamuswari, LMP Majalengka, LAKI, Serikat Islam, LAKRI, dan GAS, yang tergabung di Forum Antar Lembaga (FORMAL). Mereka mendatangi Kantor Inspektorat Majalengka dan Kejaksaan Negeri. Kamis, (11/10/2018)

Sebanyak ratusan massa yang tergabung di Formal menilai kinerja Inspektorat yang notabene mempunyai fungsi pengawasan, pemeriksaan serta pelaksanaan tugas dinilai telah tebang pilih. Pasalnya objek selama ini hanya program di desa saja.

DB Setiabudi M.Pd, sebagai Koordinator Formal menyatakan korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa dan sangat memprihatinkan. Untuk itu, ia mengingatkan kepada para penegak hukum agar tidak tebang pilih dalam melakukan pemberantasan.

"Kenapa hanya kepala desa yang selalu menjadi objek dengan hukum, lalu seperti apa pembinaan selama ini dan kenapa hanya menyoroti program di desa." ungkap, Budi. nama panggilan akrabnya.

Dia menyebutkan, para penegak hukum, baik Inspektorat maupun Kejaksaan diharap dapat melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional.

"Namun, perlu dihindari sistem target dalam penanganan kejahatan tersebut. Dihindari karena cenderung disalahgunakan," katanya

Mengingat, keberhasilan penanggulangan kejahatan tersebut bukan dengan banyaknya para pelaku yang diseret ke pengadilan dan dihukum. Tetapi, dengan dapat dieliminasikan serendah mungkin tingkat kejahatannya.

"Sistem target ini dijadikan dasar untuk mengada ada dan ada kesan mencari-cari atau mengkriminalisasikan seseorang yang tadinya tidak bersalah dinyatakan sebagai tersangka," tutupnya.

Dari pantauan megapolitanpos.com, selain ke Kantor Inspektorat Majalengka aksi massa meneruskan berorasi ke Kantor Kejaksaan Negeri Majalengka. **(Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top