Universitas Islam Yarsi Gelar Pengabdian Masyarakat Di Tangerang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Universitas Islam Yarsi Gelar Pengabdian Masyarakat Di Tangerang

Pendidikan
universitas islam yarsi gelar pengabdian masyarakat di tangerang
Universitas Islan Yarsi

MEGAPOLITANPOS.COM,Tangsel- Program Magister Sains Biomedis sekolah Pascasarjana Universitas Islam Yarsi bekerjasama dengan DKM Musholla Al Barokah, Cluster Nusantara, Banjar Wijaya, Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (05/3/19) pagi, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Menurut Dr. Juniarti, S.Si, M.Si selaku Ketua penyelenggara kegiatan,
walaupun berusia muda, akan tetapi Program Magister Sains Biomedis Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Yarsi berkomitmen untuk melakukan Dharmanya di beberapa tempat, salah satunya di Kota Tangerang.

Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi kali ini berupa pengabdian kepada masyarakat dan berkomitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan cara memberikan pelayanan gratis dan memberikan penyuluhan dengan tema 'Mengenal dan Mencegah penyakit Diabetes, Obesitas dan Asam urat'. Pemilihan tema dan lokasi pengabdian tersebut dilatarbelakangi oleh tingginya prevalensi penderita obesitas di Kota Tangerang, yang menempati penderita Obesitas tertinggi di Provinsi Banten.

"Tingginya prevalensi obesitas ini akan berkorelasi dengan jumlah penderita diabetes yang sebagian besar penderitanya adalah penduduk perkotaan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal ciri-ciri penyakit di atas dan mempelajari langkah-langkah apa yang dapat di ambil untuk pencegahannya. Diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kwalitas kesehatannya dengan memperbaiki pola hidup yang merupakan salah satu penyebab penyakit-penyakit metabolik di atas dan dapat mengetahui cara pencegahanya serta memberikan penjelasan kepada keluarga serta masyarakat sekitar," terangnya.

Dr. Juniarti menambahkan bahwa, acara Pengabdian masyarakat tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu pertama Skrining; berupa layanan kesehatan gratis oleh tim medis Fakultas Kedokteran Universitas Islam Yarsi dengan melakukan pemeriksaan fisik, pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, kadar glukosa darah sewaktu dan kadar kolesterol. Kegiatan kedua adalah Penyuluhan yang dilakukan oleh dr. Lilian Batubara, M.Kes dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Yarsi.

"Ada beberapa faktor resiko diabetes yang dapat dikendalikan, diantaranya kegemukan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang olah raga dan pola makan yang tidak sehat. Hal tersebut dapat dicegah dengan penurunan berat badan, pengendalian tekanan darah tinggi, penurunan kadar kolesterol, olah raga teratur dan pola makan yang sehat," tandasnya.

Adapun faktor penyebab hipertensi adalah keturunan, merokok, kelebihan berat badan, kurang olah raga kurang, konsumsi garam berlebihan, alkohol, stres serta adanya penyakit tertentu dan konsumsi obat-obatan. Penyakit hipertensi dapat di cegah dengan beberapa hal berikut, olah raga teratur, pembatasan asupan garam, kurangi asupan lemak, tingkatkan asupan serat, kurangi berat badan, hindari stres, tidak merokok dan tidak minum alkohol.


"Peningkatan penderita Diabetes, Hipertensi dan Asam Urat dipengaruhi oleh rendahnya derajat kesehatan, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pencegahan terhadap ketiga penyakit tersebut. Hal tersebut dapat berakibat pada komplikasi kronis yang dapat menyebabkan tingginya angka kematian akibat penyakit degeneratif," pungkasnya.(BTL)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top