Pesona Eksotis, Wisata Gunung Dempo Pagaralam - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pesona Eksotis, Wisata Gunung Dempo Pagaralam

Wisata
pesona eksotis wisata gunung dempo pagaralam
Kawah Gunung Tempo

MEGAPOLITANPOS.COM - PAGARALAM, Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan jika melewatkan keindahan dan keasrian pemandangan perkebunan Teh di kawasan Gunung Dempo, menjulang dengan ketinggian 3159 Meter Dari Permukaan Laut (3159 MDPL) yang terletak diKota Pagaralam. Bukan saja hamparan hijau perkebunan teh seluas 1900 Ha dengan suhu berkisar 18 derajad celcius yang dapat dinikmati, puluhan air terjun (Cughup) dan pemandangan alam eksotis lainnya juga tersaji di Kota yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu ini. Salahsatunya jika kita berada pada ketinggian 1820 mdpl, tempat yang diberi nama Tugu Rimau ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan dan dikalim sebagai jalan tertinggi dipulau Sumatera. Panorama alam yang luar biasa indah, seolah kita sedang berada diatas awan, dan kita akan menyaksikan seluruh bagian kota Pagaralam yang dikelilingi Bukit Barisan, dengan balutan kabut tipis. Dengan alasan tersebut Tugu Rimau selalu ramai dikunjungi dan tak lengkap rasanya jika wisatawan belum menapakkan kakinya disini.

Jika kita mau berpetualang, untuk mencapai bagian terindah dari Gunung Dempo ini, dibutuhkan perjuangan cukup ekstra. Mengarungi Hutan Lindung Bukit Dingin selama lebih kurang 8 jam, namun semua akan terbayar lunas, manakala kita bertengger dibibir kawah Dempo (Kaldera), dengan warna air yang selalu berubah (mengikuti suhu), kadang hijau, abu abu dan merah.
Kilauan ombak dilautan Bengkulu pun dapat kita saksikan manakala kabut tidak menyelimuti sekitar.


Waktu tempuh yang hanya tujuh jam dari Kota Palembang dan empat jam dari Kota Bengkulu dengan menggunakan jalur darat. Akan terbayar lunas jika sudah memasuki salah satu kawasan destinasi wisata Provinsi Sumatera Selatan ini. Sajian panorama alam yang sungguh menakjubkan, akan dapat dinikmati sepanjang jalan memasuki Kota Pagaralam.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan jalur udara, Bandara Atung Bungsu di Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam siap melayani penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.


Jika musim libur tiba, seperti Lebaran atau Pergantian tahun, maka bersiap-siaplah untuk berbagi tempat dengan ribuan wisatawan yang datang, baik dari kota-kota sekitar Sumatera Selatan, maupun dari Kota lain termasuk dari pulau Jawa.

Objek wisata di Kota Pagaralam cenderung mengarah kekawasan pegunungan (Gunung Dempo), sehingga Pemerintah Kota Pagaralam banyak memfokuskan fasilitas pendukung dikawasan tersebut.

" Karena Gunung Drmpo sudah merupakan Ikon Kota Pagaralam, bahkan Sumatera Selatan, maka tidak berlebihan jika wisatawan baik lokal, luar daerah maupun manca negara menjadikannya sebagai tujuan utama berwisata, " Kata Walikota Pagaralam Alpian Maskoni saat dibincangi MP, Jum'at (22/2).

Namun bukan berarti objek wisata ditempat lain, seperti Liku Lematang tidak diberikan perhatian, "Semua kita perlakukan sama, namun foesinya jelas beda," imbuhnya.

Dijelaskan juga oleh Walikota, bahwa untuk menunjang fasiltas berwisata di Kota Pagaralam, seperti Hotel dan yang lainnya yang sudah cukup lengkap, kedepan dirinya akan mengundang para investor untuk ikut berkontribusi utamanya dibidang kepariwisataan," Insya Allah kita akan ajak Group Grand Seven One untuk medirikan Hotel berskala besar dengan level bintang empat, agar dapat menampung banyak pengunjung," jelasnya.

Dalam membangun dan meningkatkan kepariwisataan, tidak kala penting selain membangun dan mengoptimalkan fasilatas penunjang. Kesiapan dan kesadaran serta kreativitas masyarakat juga harus dibenahi, melalui program 'Sadar Wisata'. Selain itu, untuk menjaga agar lingkungan tetap lestari. Program Ekowisata atau Ekoturisme yang merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan, sepertinya sangat cocok diterapkan pada program kepariwisataan di Kota Pagaralam. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top