PNS Pemprov DKI Paling Banyak Korupsi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

PNS Pemprov DKI Paling Banyak Korupsi

Jakarta Pusat
pns pemprov dki paling banyak korupsi
POTO ISTIMEWA

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta : Indonesian Corruption Watch (ICW) mengungkapkan, DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak menelurkan PNS korup. Dalam setahun ada 52 PNS DKI yang terlibat kasus korupsi.

"Daerah paling banyak PNS korupsinya di DKI Jakarta," kata Staf Investigasi ICW, Wana Alamsyah di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta Pusat, Rabu, 20 Februari 2019.

Seperti dilansir medcom.id, ICW Mencatat ada 52 PNS Koruptor di DKI Jakarta. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak, jika dibandingkan dengan provinsi lain seperti Jawa Barat dengan 24 PNS dan Banten 17 PNS.

Selain itu ICW juga mencatat Kementrian Perhubungan menjadi lembaga yang miliki PNS korupsi terbanyak, dengan jumlah16 orang diikuti oleh Kementrian Agama sebanyak 14 orang.

"Ini kondisi yang memprihatikan. PNS yang seharusnya melayani publik, malah mencoba melakukan korupsi," kata Wana.

Dia mengatakan, dari 2010 hingga 2018 aktor korupsi paling banyak datang dari PNS. Setidaknya 350 PNS terjerat korupsi setiap tahunnya.

"Ini adalah awal dari advokasi kita untuk PNS koruptor. Selanjutnya kami akan ke Mahkamah Agung, terakhir kami akan ke Kemendagri untuk mendesak, agar PNS bermasalah dengan korupsi ini segera dilakukan proses pemecatan," pungkasnya.

ICW mencatat, PNS koruptor yang masih bekerja menimbulkan kerugian negara sebesar Rp72 miliar per tahun. ICW menyebut, hingga saat ini ada 1.466 PNS koruptor yang masih menerima gaji.(Net)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top