2019 Kemenkop UKM Targetkan Revitalisasi 53 pasar tradisional - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

2019 Kemenkop UKM Targetkan Revitalisasi 53 pasar tradisional

Peluang Usaha
2019 kemenkop ukm targetkan revitalisasi 53 pasar tradisional
POTO ISTIMEWA

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta : Dalam upaya meningkatkan perdagangan dalam negeri, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan melanjutkan program Revitalisasi Pasar Rakyat.

Revitalisasi Pasar Rakyat yang sudah dimulai pada 2015 lalu di daerah pedesaan, daerah tertinggal dan daerah perbatasan telah terealisasi sebanyak 247 unit pada 246 Kabupaten/Kota di 34 propinsi. Dari hasil monitoring dan evaluasi terhadap pedagang pasar yang dilakukan Kemenkop UKM, terjadi peningkatan omzet rata-rata 51 % dan menyerap tenaga kerja rata-rata 48 %.

“ Pada tahun 2019 ini kemenkop UKM akan melakukan revitalisasi pada 53 pasar rakyat yang dikelola koperasi yakni masing-masing 25 unit pasar rakyat didaerah tertinggal, perbatasan dan pasca bencana, serta 28 unit pasar regular,” Ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit di Jakarta, Jumat(08/02/2019).

Vicktoria menuturkan, Pasar rakyat yang telah selesai dibangun, pengelolaannya diserahkan kepada koperasi sesuai permenkop tentang pelaksanaan revitalisasi pasar rakyat melalui dana tugas pembantuan.

Sebagai contoh pada KUD Paguyangan bersama Pengurus Desa Taraban melakukan kerjasama pengelolaan Pasar Grengseng. Revitalisasi pasar tersebut selesai dan serah terima pada Pebruari 2018. Setelah 10 bulan koperasi mengelola pasar di Desember 2018 pendapatan Koperasi, Kios-Kios dan Lapak Rp 17,8 juta pertahun diluar dari pendapatan lainnya. ,

Sedangkan pemerintah Desa memperoleh pendapatan dari pasar yang semula Rp 7 juta pertahun menjadi 18 juta pertahun. Disamping itu pendapatan pedagang meningkat dari Rp 500 ribu perharinya menjadi Rp 1 juta perharinya. Dengan kerjasama pengelolaan pasar yang berpihak pada pedagang, sehingga jumlah pedagang meningkat dari 164 pedagang menjadi 224 pedagang pasar.

“ Hal itu diapresiasi oleh Bupati Brebes dengan ikut berkontribusi membantu memberikan dana hibah Rp 50 juta, dalam upaya mengantisipasi rentenir di lingkungan pasar, sehingga para pedagang yang menjadi anggota koperasi bisa meminjam dana ke koperasi,” tuturnya.

PASAR TEMATIK

Selanjutnya kata Vicktoria, Kedepan pada tahun 2020 akan dikembangkan juga pasar Tematik yang terintegrasi sesuai produk unggulan desa, serta pemanfaatan(Internet Of Things) I.T.

“ Dengan adanya Pasar Tematik diharapkan dapat dianalisa kebutuhan, jumlah dan keberadaan pasokan,” katanya.

Dikatakannya, konsep pasar tematik dapat mempermudah perdagangan antar wilayah sehingga pasar menjadi wadah peningkatan ekonomi daerah dan tujuan pariwisata daerah tersebut. ***Ach.Sholeh

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top