Kemenkop UKM Dorong Koperasi Lakukan Kemitraan Stakeholders - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kemenkop UKM Dorong Koperasi Lakukan Kemitraan Stakeholders

Peluang Usaha
kemenkop ukm dorong koperasi lakukan kemitraan stakeholders
Deputi Propasar Kemenkop UKM Vicktoria Simanungkalit

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Turunnya ekspor sektor koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) sepanjang 2018, yaitu turun 2,68 persen atau hanya tumbuh 12,32 persen, lebih rendah dari capaian 2017 sebesar 15 persen.

“ penurunan ekspor ini terjadi akibat ketidakpastian ekonomi global yang membuat permintaan produk dari negara-negara tujuan ekspor berkurang. Penurunan ekspor ini terjadi pada 84 KUKM yang difasilitasi Kemenkop UKM,” ungkap Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit di Jakarta, Jumat(08/02/2019).

Victoria menuturkan, kendati ekspor menurun tetapi capaian tersebut harus diapresiasi, mengingat banyak sektor yang juga terdampak pada gejolak perekonomian global . “Kita tetap beruntung sektor KUMKM tetap bisa mencatatkan pertumbuhan meskipun turun,”katanya.

Victoria menambahkan Kemenkop UKM akan mendorong pelaku KUMKM untuk meningkatkan daya saing dan melakukan pengembangan KUMKM di Indonesiasecara inklusif. Dengan begitu, dampak program yang dirasakan para pelaku KUMKM bisa optimal dan bekelanjutan.

“ Dalam upaya meningkatkan daya saing produk UMKM, pihaknya memang mengupayakan tidak lagi pameran di luar negeri, tetapi cukup di Jakarta dan berkerjasama dengan Stakeholders , apalagi anggaran propasar turun menjadi Rp 107 miliar “ katanya.

Selanjutnya, upaya memperkuat koperasi dengan pendekatan industrialisasi juga terus dijalankan. Diantaranya, dengan mendorong kemitraan dengan berbagai stakeholders untuk memperkuat sistem bisnis koperasi.

“ Tahun 2019 ini kemenkop ukm akan mendorong 90 koperasi dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, petrnakan, jasa, dan aneka usaha diseluruh Indonesia untuk melakukan kemitraan dengan berbagai Stakeholders untuk memperkuat sistem bisnis koperasi, “ ujarnya.

Menurutnya, Kemitraan tidak terbatas pada pemasaran langsung produk koperasi tersebut, tetapi juga pendampingan, mulai dari persiapan modal, quality control, managerial, hingga produk tersebut siap diterima di masyarakat. *** Ach.Sholeh

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top