Liberalisasi Kesehatan Makin Menggerus Kehidupan Rakyat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Liberalisasi Kesehatan Makin Menggerus Kehidupan Rakyat

Peristiwa
liberalisasi kesehatan makin menggerus kehidupan rakyat
Acara Milad Rekan Di Jakarta

MEGAPOLITAPOS.COM: Jawa Timur - Sebuah pemerintahan dibentuk sejatinya untuk melindungi rakyatnya serta menjamin kesejahteraan hidup rakyatnya. Namun pada kenyataannya pemerintah kita tidak pernah hadir dalam setiap problem yang dihadapi rakyat.

Sampai hari ini, fungsi dan peran pemerintah sama sekali belum maksimal dalam melindungi dan menjamin kesejahteran hidup rakyatnya. Ini semakin terbukti dengan terang benderangnya arah kebijakan pemerintah Indonesia yang semakin mengarah pada liberalisasi ekonomi, politik dan sosial.

Hal ini diungkapan oleh Ahadian Dicky Prasetyo, ketua KPW Rekan Indonesia Jatim yang baru terpilih pada muswil Rekan Indonesia Jatim di Kediri tanggal 25-27 Januari 2019. Diki panggilan akrabnya menyatakan bahwa kebijakan pemerintah yang semakin mengarah pada liberalisasi semua lini kehidupan juga semakin berdampak pada kondisi kehidupan rakyat yang semakin terpuruk.

"Dan liberalisasi bidang kesehatan juga berdampak pada semakin sulitnya rakyat untuk mendapatkan hak kesehatan yang layak dan berkeadilan. Dimana hak rakyat untuk mendapatkan kesehatan saat ini semakin lama semakin dibatasi dan pada akhirnya akan terhapus, berubah menjadi kewajiban rakyat untuk mendapatkan kesehatan. Sehingga ketika sudah berubah dari hak menjadi kewajiban maka bukan lagi menjadi tanggungjawab pemerintah. Semakin lengkap liberalisaainya ketika semua sudah diserahkan kepada pihak ketiga yang akan berujung pada komersialisasi" papar Dicky dalam siaran persnya pagi ini (28/1).

Ditambahkan oleh Diki bahwa wacana menerapkan urun biaya pada jenis penyakit tertentu dapat kita lihat semakin jelasnya arah komersialisasi jaminan kesehatan yang dikelola BPJS. Termasuk juga penerapan rujukan online yang dalam prakteknya justru menyulitkan rakyat pengguna BPJS.

"Kita dapat lihat pelan tapi pasti BPJS saat ini sedang menuju ke arah asuransi komersil" tegas Dicky.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top