PP-IPTEK Akan Kembangkan Doodle Art Science Contest ketingkat Internasional - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

PP-IPTEK Akan Kembangkan Doodle Art Science Contest ketingkat Internasional

Pendidikan
pp-iptek akan kembangkan doodle art science contest ketingkat internasional
Doodle Art-Science Contest

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Dalam rangka turut memperingati Hari Gizi dan Makanan 2019, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan “Doaodle Art Science Contest” Sabtu, (26 Januari 2019) di gedung PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

“ Artinya kita mau berubah dan telah dilakukan perubahan dari sisi managemen, dari sisi kegiatan akan banyak dilakukan, bagaimana membuat masyarakat tertarik dengan IPTEK, dan kegiatan Doodle Art Science Contest ini baru uji coba dan baru pertama kali diadakan dan akan terus dikembangkan sampai ke tingkat internasional,” kata Direktur PP-IPTEK, Sachrial Annas di kantornya, Sabtu (26/1/2019).

Menurut Annas , Doodle Art adalah teknik membuat gambar dengan mencoret-coret kertas, menggabungkan aneka pola gambar yang terlihat abstrak sehingga menghasilkan satu kesatuan gambar. Sebuah karya Doodle Art biasanya menggambarkan perasaan orang yang membuatnya, bisa terlihat dari goresan-goresan yang dihasilkan.

“ Unik-nya, semakin dibuat dengan sepenuh jiwa dan perasaan, karya yang dihasilkan semakin menarik, unik dan bermakna dalam, dan itu membuat karya doodle tidak hanya sekedar hobi, tapi juga mempunyai kedalaman makna dan gaya. Doodle Art juga termasuk seni rupa 2 dimensi dan termasuk seni desain grafis yang menarik,” tuturnya.

Annas menambahkan, PP-IPTEK berinisiatif mengadakan “Doodle Art Science Contest” untuk memberi kesempatan kepada generasi muda khususnya anak-anak dalam berimajinasi, mengasah kreativitas, dan menunjukkan ide-idenya dalam sebuah karya seni yang unik, menarik, dinamis, dan bernuansa sains.

“ Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas generasi muda untuk mencintai sains dengan cara yang berbeda, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi demi kelangsungan hidup yang sehat,”terang Annas.

Dijelaskannya, Doodle Art Science Contest ini diadakan dalam rangka hari Gizi dan Makanan, sehingga PP-IPTEK mengangkat tema “Makanan Kesukaanku”. Peserta Doodle Art-Science Contest ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori Mewarnai dan kategori Seni Membuat.

Selanjutnya, Kategori Mewarnai diperuntukkan bagi pelajar SD kelas 1 – 3, sedangkan kategori Seni Membuat bagi SD kelas 4 – 6 yang diikuti sebanyak 188 orang pelajar yang berasal dari 65 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek.

Selanjutnya, juri kegiatan “Doodle Art-Science Contest” dihadirkan dari beberapa Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), serta juri dari Komunitas Doodle Art di Indonesia.

“ Dengan pelaksanaan “Doodle Art-Science Contest” ini, ketertarikan generasi muda, khususnya anak-anak terhadap sains akan lebih meningkat melalui seni doodle ini, “ imbuhnya. (* AS)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top