Indahnya Danau Cigaru Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Indahnya Danau Cigaru Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang

Wisata
indahnya danau cigaru kecamatan cisoka kabupaten tangerang
Danau Cigaru

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang- Danau Biru Cigaru terletak di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Danau tersebut mulai dijadikan tempat wisata September 2015. Dan baru dikenal oleh masyarakat baru beberapa tahun terakhir belakangan ini.



Asal mula terbentuknya danau biru tersebut adalah dari galian pertambangan dengan alat pengeruk tanah (Excavator/Beko). Lalu penggalian tersebut diberhentikan oleh pemkab setempat dikarenakan ilegal.



Danau biru atau telaga biru ini masih dikelola pribadi bukan oleh pemerintah. Nama pemilik danau biru Sudirman Indra atau akrab dipanggil Koh Acin, dan adapun Mandor dari pengelola danau biru, serta karang taruna yang menjaga kebersihan sekitaran danau, dan dari warung warung sekeliling danau biru tersebut.



Setiap hari libur atau hari weekend banyak masyarakat yang memilih untuk berkunjung ke danau biru Cigaru, Desa Cisoka, Kabupaten Tangerang tepatnya. Karena tarif biayanya yang terjangkau, ditambah lagi kini banyak spot untuk berfoto, dan adanya beberapa wahana permainan seperti Flying Fox, Flying Bike, Getek Cinta, Bebek Cigaru, Kodok Cigaru dan kolam renang. Dan ada spot foto yang baru saja rampung dibuat oleh pengelola danau biru cigaru yaitu Pulau Batu Cigaru



Pertama masuk kawasan Danau Biru Cigaru, pengunjung hanya di minta tarif parkir, untuk Motor di tarif Rp.5000 dan Mobil Rp.10.000. Lalu untuk setiap spot foto ditarif biaya Rp.5000, wahana permainan Flying Fox Rp.10.000, Flying Bike Rp.20.000, Getek Cinta Rp.10.000 untuk dewasa Rp.5.000 untuk anak-anak, Bebek Cigaru Rp.20.000, Kodok Cigaru Rp.30.000 dan kolam renang Rp.10.000 anak-anak dan dewasa.



Saat ini pengelola danau biru cigaru sedang memproses penambahan 1 spot lagi yaitu disebut Kapal Pesiar, rencananya kapal pesiar tersebut digunakan untuk tempat makan para pengunjung.

"Kami sebagai masyarakat menginginkan danau biru cigaru ini dikelola dengan pribadi saja, tidak usah dikelola dengan pemerintah. Karena kalau dipegang pribadi, para pekerja bisa dari warga-warga sekitar sini, jadi para warga disini mempunyai pekerjaan" ujar Andi selaku mandor pengelola danau cigaru



Ada berapa hal yang harus segera di rapihkan, yaitu jalan disekitar pinggiran danau yang masih pasir, jadi jika cuaca hujan itu sangat mengganggu aktivitas para pengunjung.

"Kita melakukan semuanya itu bertahap, dan lihat kondisi, sebab biaya pengelola juga hasil dari para pengunjung danau cigaru sendiri bukan dari pemerintah. Untuk saat ini pemerintah baru menyumbang tempat Taman Baca saja" lanjut Andi pengelola danau cigaru.(Syifa)



Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top