LIPI: Internet Beda Dengan Intranet, Internet Buatan Perusahaan Swasta Amerika - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

LIPI: Internet Beda Dengan Intranet, Internet Buatan Perusahaan Swasta Amerika

Teknologi
lipi internet beda dengan intranet internet buatan perusahaan swasta amerika
Event TOP IT & TELCO 2018

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Dinamika baru di era digital, memaksa kita untuk terus melakukan implementasi dan inovasi TI TELCO. Internet of Thing (IoT), Big data, Blockchain, Cloud computing, Artificial Intelligence (AI), Digital smart concept, Financial technology (fintech) serta beberapa tren baru lainnya, terus berkembang. “Never ending to improvement & innovation” menjadi kunci penting agar bisa terus eksis dan berdaya saing tinggi di era pasar global, baik bagi pelaku bisnis dan instansi pemerintahanseperti kementerian dan lembaga, serta pemerintahan provinsi, kota, dan kabupaten.

Aswin Sasongko dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, terkait dinamika tersebut, Pemerintah telah menunjukkan komitmen IT yang tinggi. Peraturan Presiden (Perpres) No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), telah ditetapkan pada 2 Oktober 2018 lalu. Perpres SPBE tersebut telah menjadi angin segar tentang tingginya komitmen pengelolaan pemerintah berbasis IT, untuk mewujudkan proses kerja pemerintahan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, komitmen tersebut makin jelas, ketika Presiden Jokowi juga mendorong pelaku bisnis untuk masuk ke era Industri 4.0 (atau dikenal Four point O Industry). Pemerintah RI telah mencanangkan “Making Indonesia 4.0” sebagai roadmap (peta jalan utama) menuju era Industri 4.0 yang sarat dengan penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi IoT (Internet of thing).

“ SPBE, Inpres tahun 2003 mengenai govermen, mengharuskan kantor-kantorpemerintah itu harus mengembangkan website alamatnya disamakan berbasis .go.id, dan harus punya unit IT , SPBE bahkan lebih maju lagi memakai jaringan intranet, walaupun tidak terhubung internet, harus dipahami Internet dan Intranet itu beda, kalau Internet itu buatan perusahaan swasta di Amerika yang berpusat di California, Intranet relatif aman sebab tidak terhubung langsung dengan internet global. SPBE jelas sekali setiap institusi punya jaringan yang terhubung satu sama lain, Institusi dapat mengembangkan data senter masing-masing dan Presiden bisa mengendalikan data para menterinya., Sehingga perpres 95 tahun 2018 akan meningkatkan system keamanan di Indonesia, bahasa kerennya govermen skill intranet, “ ujar Aswin Sasongko selaku Dewan Juri di sela-sela acara Event TOP IT & TELCO 2018 yang diselenggarakan Majalah IT Works, Kamis di Jakarta (6/12/2018).

***Ach.Sholeh

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top