Wali Murid SMPN 1 Cileungsi Keluhkan Besarnya Biaya Sekolah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Wali Murid SMPN 1 Cileungsi Keluhkan Besarnya Biaya Sekolah

Pendidikan
wali murid smpn 1 cileungsi keluhkan besarnya biaya sekolah
SMPN 1 Cileungsi

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Bogor - SMP Negeri 1 Cileungsi diduga melakukan pungutan terhadap wali murid, pungutan itu mulai dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Rp4.000.000 sampai pengadaan AC Rp1.100.000.

"Pendaftaran bayar Rp.1.100.000 ada juga buat AC Rp.1.100.000 jadi totalnya Rp.2.200.000, selebihnya orang tua yang tau," Kata salah seorang siswa inisial "S" saat di temui wartawan beberapa waktu yang lalu.


Hal itu di benarkan oleh Tata Usaha (TU) SMP Negeri 1 Cileungsi, Yusup, namun pihaknya berdalih bahwa itu bukan pungutan melainkan sukarela dari orang tua.

"Setahu saya kalo AC itu program komite, lalu untuk PPDB tidak ada, cuman untuk kelas olahraga ada, itu dari orang tua murid secara sukarela, untuk lebih jelasnya nanti ketemu pak kepala sekolah aja," Kata Yusup.

Ia menambahkan, adanya sumbangan itu karena dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah tidak mencukupi, sehingga dibutuhkan sumbangan dari wali murid.

"Kalau menggunakan dana BOS tidak memungkinkan, sehingga sumbangan wali murid di butuhkan," ujar Yusup, Senin (19/11/2018).

Sementara itu Kepala sekolah SMP Negeri 1 Cileungsi, Jurisman, menuturkan, itu bukan pungutan melainkan sumbangan untuk lokasi yang tidak di danai oleh pemerintah.

"Yang Rp4.000.000 mungkin ada tapi itu sifatnya sumbangan untuk keperluan kelas olahraga, seperti barang atau alat di kelas olahraga. Disini yang sifatnya bulanan gak ada," tuturnya.

Mengenai pengadaan AC Jurisman mengaku tidak meminta ijin kepada dinas pendidikan karena dia ingin mengelola sekolah berbasis masyarakat.

"Ijin dari dinas pendidikan gak ada cuman bagaimana mengelola sekolah berbasis masyarakat karena peraturan juga membolehkan sekolah menggalang sumbangan," ucapnya.

Sebelumnya salah seorang wali murid yang namanya tidak bersedia disebut mengeluhkan adanya pengadaan AC yang dibebankan kepada mereka.

"Hampir tiap tahun ada biaya untuk pengadaan AC namun kita tidak mengetahui dimana barangnya, saat ini para orangtua murid setuju aja walaupun berat karena sekolah SMP disini terbatas sehingga gak ada pilihan," keluhnya.**(Jar/lu).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top