Terdakwa Penggelapan Satu Mobil Honda Accord Divonis 1 Tahun Penjara - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Terdakwa Penggelapan Satu Mobil Honda Accord Divonis 1 Tahun Penjara

Hukum
terdakwa penggelapan satu mobil honda accord divonis 1 tahun penjara
Terdakwa Anwar saat mendengarkan Vonis Hakim

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang-Sidang kasus Penggelapan 1 (satu) Unit Mobil jenis Honda Accord dengan terdakwa Anwar (34) berlangsung di Pengadilan Negeri Tangerang Kamis (15/11 2018) diruang sidang 5. Majelis Hakim diketuai oleh Elly Noeryasmien, SH sekaligus yang membacakan Vonis.

Sebelum Hakim membacakan Vonis, terlebih dahulu membacakan kronologis perbuatan terdakwa atas pelanggaran pasal 36 UU No. 42 tahun 1999 tentang Fidusia Jo 372 KUHP tentang pemberi Fidusia yang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan benda yang menjadi objek jaminan Fidusia dan atau penadahan.

Hakim mengatakan terdakwa Anwar telah melakukan penggelapan berupa 1 (satu) unit Mobil Honda Accord atas nama Zanaria yang dikredit melalui PT. Sinar Mas Hana Finance. Zanaria atas nama pemilik Mobil yang saat ini juga sudah jadi tersangka, telah meminjamkan (memindah tangan, over) kepada terdakwa Anwar menantunya, lalu terdakwa Anwar menggelapkan Mobil tersebut hingga kini tidak kembali kepihak korban PT. Sinar Hana Finance selaku pemberi kreditur/pinjaman.

Hakim Elly dengan pertimbangannya, setelah memeriksa terdakwa dan saksi saksi selama persidangan, akhirnya Hakim manjatuhkan Vonis terhadap terdakwa Anwar 1 (satu) tahun penjara.
Hakim Elly mengatakan bahwah terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana penggelapan, sebagaimana yang diataur dalam pasal 372 KUHP.

"Kami berhasil membuktikan menjerat terdakwa dengan pasal tersebut," ujar Hakim dalam persidangan.

Akibat perbuatan terdakwa, korban PT. Sinar Mas Hana Finance mengalami kerugian Rp. 97.000.000 (sembilan puluh tujuh juta rupiah) (*/Jhn)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top