Angka Kematian Ibu Dan Anak Tahun 2018 Di Pamekasan Meningkat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Angka Kematian Ibu Dan Anak Tahun 2018 Di Pamekasan Meningkat

Kesehatan
angka kematian ibu dan anak tahun 2018 di pamekasan meningkat
Bambang Budiono

MEGAPOLITANPOS.COM, Pamekasan-Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pamekasan pada tahun 2017 angka kematian ibu dan anak mengalami peningkatan hingga menduduki posisi ke 3 di Jawa Timur, Senin (12/11 2018).

Keselamatan pada ibu dan anak menjadi barometer ukuran keberhasilan Kesejahteraan Kesehatan di Kabupaten Pamekasan, hal ini berbanding terbalik. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah menerapkan pada "Program E Rembi Berbasis Online".

Angka kematian ibu dan anak pada tahun 2017 berdasarkan data Dinas Kesehatan Pamekasan untuk kematian pada Ibu sebanyak 8 orang sementara kematian pada bayi sebanyak 52 jiwa. Sedangkan di tahun 2018 mengalami peningkatan dua kali lipat, untuk kematian ibu sebanyak 16 orang sedangkan kematian pada bayi sebanyak 90 jiwa hingga pada bulan November saat ini.

Peningkatan angka kematian ibu dan anak ini dibenarkan oleh Bambang Budiono Kasi Kesehatan Keluarga dan Masyarakat (KESGA), bahwa penekanan pada angka kematian ibu dan anak pihaknya akan terus berupaya dengan menjalankan "Program E-Rembi" sebagai jalan solusinya untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

"Prograam yang akan kami jalankan tersebut (Program E-Rembi) merupakan suatu data aplikasi yang nanti akan memuat data nama-nama para ibu hamil yang lengkap dengan data perkiraan kelahirannya dan data tersebit akan dikelola oleh bidan di seluruh Kabupaten Pamekasan," tutur Bambang.

Data aplikasi tersebut dengan otomatis dan jika ada kelahiran ibu hamil sudah sampai pada prediksi kapan melahirkan, maka pada data aplikasi sistemnya akan berfungsi sebagai alarm, dan akan dilakukan suatu penanganan intensif.

Untuk akhir bulan ini 2018 program E-Rembi tersebut akan disosialisakan dan target yang kami sasarkan pada seluruh bidan yang aa di Kabupaten Pamekasan, sehingga aplikasi pada program E-Rembi tersebut akan menjadi fungsi pada pemantauan pada kesehatan ibu dan bayi.

"Prograam E-Rembi ini akan kami terapkan di pelosok-pelosok Desa Pamekaan dan menjadi titik fokus pada 100 hari target kerja Bupati Pamekasan," jelasnya. (Dyh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top