Polisi Amankan 6 Oknum LSM LP KPK - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Polisi Amankan 6 Oknum LSM LP KPK

Hukum
polisi amankan 6 oknum lsm lp kpk
Mobil yang diamankan

MEGAPOLITANPOS COM, Pamekasan-Moh Hasan selaku Presiden Eksekutif Lembaga Pengawas Korupsi dan Pemantau Penegak Hukum Indonesia ( LPKP2HI ) menyampaikan mendukung dan mengapresiasi langkah dari pihak Kepolisian yang telah mengamankan 6 orang mengaku sebagai Penggiat Anti Korupsi, Rabu (07/11).

Diduga keenam pelaku tersebut telah melakukan pemerasan dengan mengatasnamakan LSM, oleh Satuan Reskrim Polres Sumenep diringkus pada Selasa (06/11) 2018.

"Penangkapan 6 orang yang mengaku LSM Penggiiat Anti Korupsi pada Selasa malam sebagai bukti pihak Kepolisian Sumenep bergerak cepat menangkap para oknum yang sengaja melakukan pemerasan," tutur Moh.Hasan.

Dirinya sangat menyangkan adanya oknum-oknum yang ingin menguntungkan dirinya sendiri dengan memakai bendera penggiat anti korupsi, mereka mengaku sebagai aktivis korupsi, namun memeras orang lain dengan modus menakut-nakuti instansi atau pejabat pada akhirnya melakukan tindak pidana.

Pihaknya berharap pada seluruh anggota LPK P2HI diseluruh Indonesia untuk bekerja profesional menurut tupoksi sesuai dengan AD/ART Lembaga.

Kalaupun nanti ada anggota ataupun pengurus wilayah yang menemukan adanya indikasi tindak pidana korupsi yang dilakukan pihak tertentu, ia menegaskan untuk segera membuat laporan pada pejabat yang berwenang.

"Proses tidak ada kata nanti atau tunggu negosiasi, laporkan dan kawal sampai tuntas, sebab ini merupakan uang rakyat," tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya pihak Polres Sumenep telah menangkap 6 orang anggota LSM yang diduga kuat telah melakukan tindak pidana pemerasan dan mereka diamankan setelah pihak Kepolisian menerima laporan dari masyarakat.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, Agys Suparno membenarkan kejadian tersebut, dan pihaknya saat inu masih melakukan pendalaman terkait kasus tersebut. Adapun pasal yang disangkakan pada ke enam oknum tersebut pasal 368 KUHP.

Pasal 368 KUHP yang dikenakan pada enam oknum tersebut tentang pemerasan," tutur Kasubbag Humas Polres Sumenep.

Pihaknya telah mengamankan Barang Bukti (BB) sebuah unit mobil bernopol M 1755 VG yang pada bagian kaca belakang bertuliskan LP KPK Komcab, Sumenep Jatim. (Dyh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top