Buku LKS Menjadi Ajang Bisnis Di Sekolah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Buku LKS Menjadi Ajang Bisnis Di Sekolah

Pendidikan
buku lks menjadi ajang bisnis di sekolah
SDN Jonggol

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Bogor-Sejumlah sekolah SD Negeri dikecamatan Jonggol dijadikan ajang bisnis oleh distributor buku Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meraup keuntungan.

Pihak sekolah SD Negeri Suka Maju 04 Jonggol berdalih bahwa buku LKS itu adalah kebutuhan orangtua murid dan sekolah tidak berdaya untuk melarangnya.

"Kami melarang orangtua murid untuk membeli buku LKS tapi orangtua murid bersikeras dengan mencarinya diluar sekolah," kata Mudiar selaku Kepala Sekolah SD Negeri Suka Maju 04 Jonggol pada Selasa (6/11/2018).

Namun pernyataan Mudiar yang mengatakan bahwa pihak sekolah sudah melarang penggunaan buku LKS langsung dibantah oleh sejumlah orangtua murid.

Salah seorang orangtua murid SD Negeri Suka Maju 04 Jonggol yang berinisial DD (42th) menjelaskan bahwa tahun lalu mereka membeli buku LKS di sekolah, tapi sekarang ini pihak sekolah menuntun orangtua murid untuk membeli buku LKS itu di warung yang didekat sekolah.

"Katanya ada sorotan dari wartawan dan LSM sehingga buku LKS dijual diluar sekolah. Kami disuru membeli diwarung itu dengan harga sepuluh ribu rupiah perbuku, semuanya ada enam buku. Itu juga harus cepet mas karena kalau tidak cepet pasti kehabisan, mau ga mau saya harus beli kalau tidak beli kasian anak saya suka di ledek temannya kalau tidak punya," ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu salah seorang warga yang namanya tidak bersedia disebut yang kebetulan berada didekat sekolah SD Negeri Suka Maju 04 Jonggol, beliau mengaku disuru untuk mendata berapa sekolah, jumlah muridnya berapa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Jumlah murid itu menjadi acuan buat distributor guna menyiapkan buku LKS.

"Kami menjual buku LKS dengan harga Rp.10. 000. per buku. Itu juga tergantung ada berapa mata pelajaran yang di pakai oleh masing-masing kelas dan saya hanya dititipkan oleh salah satu distributor. Dari satu buku saya dikasi Rp.1.000. dan untuk pihak sekolah Rp.3.000. Belum lagi untuk oknum Kepala Sekolah biasanya dia minta di pisahkan dari bagian yang Rp.3.000," bebernya kepada wartawan.**(Anggi).

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top