Gempa Bumi Magnitudo M6,4 Guncang Jawa Timur Dan Bali - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gempa Bumi Magnitudo M6,4 Guncang Jawa Timur Dan Bali

Berita Daerah
gempa bumi magnitudo m64 guncang jawa timur dan bali
Korban gempa

MEGAPOLITANPOS.COM, Pamekasan-Gempa Bumi yang berkekuatan magnitudo M6,4 telah mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis ( 11/10 ) seputar pukul 01.57 WIB.

BMKG melaporkan episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 115,43 BT atau tepatnya berlokasi dilaut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur dengan kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Pusat Data informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Dampak gempa data sementara dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan, dan Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Korban akibat guncangan Gempa Bumi diantaranya:
1. Nuril Kamiliya ( L/7 ) Desa Prambanan, Kecamatan Gayam-Sumenep.
2. H Nadhar ( P/55 ) Dusun Jambusok Desa Prambanan Kecamatan Gayam - Sumenep.
3.Laki-laki Dewasa ( masih indentifikasi ) Desa Prambanan Kecamatan Gayam - Sumenep.

Ketiga korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian Gempa pada Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba Gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak sempat menyelamatkan diri.

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan kerusakam rumah diantaranya :
- Rumah rusak di salah satu Desa Jambuir Kecamatan Gayam Kepulauan Sapudi Kabupaten Sumenep.
- Rumah rusak di Daerah Kopedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.
- Rumah rusak di daerah Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep.
- Masjid di Desa Gendang Timur Kecamatan Sapudi Kabupaten Sumenep.
- Rumah rusak di Daerah Nyabakan Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep.
Gempa M6,4 yang telah dimutakhir menjadi M6,3 oleh BMKG terasa diseluruh Wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuawangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.

Dijelaskan Sutopo Guncangan Gempa yang dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-3 detik. "Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedangkan didaerah lain merupakan Gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik," ujarnya.

Berdasarkan analisis Peta Gempa dirasakan, intensitas Gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan. Artinya gempa tersebut dirasakan ringan hingga sedang. Secara umumnya tidak banyak dampak kerusakan akibat Gempa.

Posko BNPB terus memantau perkembangan dampak Gempa dan penangannya. Untuk informasi lebih lanjut langsung hububgi;
1. Kalaksa BPBD Kabupaten Sumenep ( Rahman 08123530146 ).
2. Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur ( Suban , +62811328601 ).( Hen )

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top