Satpol PP Kota Tangerang Robohkan Bangunan Yang Berdiri Di Lahan Asset Pemkot - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Satpol PP Kota Tangerang Robohkan Bangunan Yang Berdiri Di Lahan Asset Pemkot

Kota Tangerang
satpol pp kota tangerang robohkan bangunan yang berdiri di lahan asset pemkot
Satpol PP robohkan bangunan

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang - Berdirinya bangunan dilahan tanah seluas 380 m2 milik aset daerah Kota Tangerang, yang berlokasi SDN 1 Batuceper, Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batuceper Kota Tangerang. Akhirnya dirobohkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Selasa (03/10 2018).

Hasil pantauan di lapangan penggusuran empat bagunan yang berdiri lahan milik Pemerintah tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Mumung Nurwana dan 175 pasukan gabungan diantaranya, TNI, Polisi, PLN, DLH, PUPR, Bagian Hukum Pemkot Tangerang, Trantib Kecamatan, Kelurahan serta menurukan alat berat untuk membongkar empat bagunan rumah yang mengklaim milik keluarga H. Muhidin dan ditempati oleh 10 Kepala Keluarga (KK) 35 orang termasuk 9 wanita dan 12 anak - anak di aset lahan pemerintah.

Kaonang, Kabid Garkumda menjelaskan, Satpol PP Kota Tangerang menerjunkan sebanyak 175 personil petugas gabungan TNI dan Polisi dalam proses eksekusi bangunan yang mengklaim milik lahan H. Muhidin dengan dibantu menggunakan alat berat, petugas PLN, DLH untuk melakukan eksekusi.

“Sebelum melakukan eksekusi, Dinas pendidikan telah melayangkan surat pemberitahuan 1, 2 dan 3 untuk segera melakukan pengosongan tempat, lantaran lahan tersebut akan dibangun untuk sarana pendidikan. Bahkan pihak H. Muhidin sudah mengakui lahan tersebut, milik aset pemerintah Kota Tangerang," ungkapnya.

Lanjut Kaonang, Awalnya H. Muhidin sudah pasrah atas penggusuran ini, namun belakangan dirinya bersikeras tidak mau pindah, diduga banyak pihak yang mendomplengi agar Keluarga H. Muhidin tetap bertahan, ia pun minta waktu satu minggu untuk mengkosongkan lahan, akan tetapi lahan tersebut tetap aja tidak dikosongkan. Bahkan Camat Batuceper pun sudah melakukan pendekatan secara baik-baik dan memberikan penjelaskan bahwa lahan tersebut milik Pemeritah Kota Tangerang.

"Kita melakukan eksekusi tersebut, berdasarkan surat Perintah Wakil Walikota. Dan dipimpin langsung oleh Kasatpol PP Kota Tangerang (Mumung Nurwana, red) untuk melakukann penegakan perda. "Jadi saya ingatkan kepada masyarakat kota tangerang, apabila menggunakan lahan tanah atas aset Pemerintah Kota Tangerang, masyarakat harus paham dan sadar diri atas penggunaan lahah tersebut, bagaimana pun pemerintah tidak akan mengeluarkan dana pergatian (Kerohiman, red) kepada masyarakat lantaran bertentangan dan melanggar hukum serta undang-undang yang berlaku," papar Kaonang.

Sementara itu, Nur Hidayatullah Camat Batuceper, mengatakan, sebelum dilakukan penggusuran bangunan yang terletak di belakang SD 1 Batuceper ini, pihak kecamatan sudah melakukan pendekatan secara musyawarah.Terkait perihal kebuktian surat-surat kepemilikan tanah, warga yang menempati lahan,"akan tetapi mereka tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan tanah. Sehingga, pihak kecamatan tidak bisa menahan eksekusi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang," tutur Hidayatullah. Rabu (04/10/2018) Via telepon seluler.

“Kami sudah melakukan pendekatan. Mengingat ini tanah pemerintah, dan anggaran pun sudah ada untuk pembangunan pendidikan serta sarana sekolah, sehingga kami terpaksa mengeksekusi lahan ini. Kecuali, warga yang menepati lahan milik aset Pemkot Tangerang, mempunyai bukti sah diantara AJB, Sertifikat, girik atau surat yang sah secara hukum," pungkasnya. (amr)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top