Diikuti 123 Siswa PP IPTEK Gelar KRAN 2018 di Lapan Rumpin Bogor - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Diikuti 123 Siswa PP IPTEK Gelar KRAN 2018 di Lapan Rumpin Bogor

Teknologi
diikuti 123 siswa pp iptek gelar kran 2018 di lapan rumpin bogor
Direktur PP-IPTEK Mochamad Syachrial Annas(Pakaian Kuning).

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2018 di Lapangan Pusat Teknologi Roket Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rumpin Bogor pada Minggu(30/9/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, kompetisi tersebut digelar 2 hari pada tanggal 29-30 September 2018 yang dilaksanakan di PP IPTEK, TMII dan Lapangan Pusat Teknologi Roket LAPAN Rumpin Bogor .

“ Kompetisi roket air merupakan ajang adu keterampilan bagi pelajar di bidang teknologi antariksa, dimana roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan Hukum Newton,” kata Direktur PP-IPTEK Mochamad Syachrial Annas disela-sela acara.

Menurut Annas sebelumnya telah diselenggarakan ajang Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) 2018 Disejumlah daerah antara lain Jabodetabek, Cilegon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Jombang, Pontianak, Bandar Lampung. dan Palembang.

“ Nantinya para pemenang akan diikut sertakan dalamKompetisi Roket Air Internasional (KRAI) se-Asia Pasifik yang tahun ini akan di selenggarakan oleh Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) di Singapura bulan November mendatang,” kata Annas.

Annas menambahkan selain merupakan ajang adu kreatlfitas di bidang teknologi kedirgantaraan, Kkompetisi tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat, kreativitas, dan inovasi dikalangan pelajar lndonesia terhadap pengembangan teknologi kedirgantaraan.

“ PP-IPTEK selalu menyelenggarakan lomba-lomba secara berjenjang, Sasarannya, Kita Berharap banyak untuk bagi yang sudah jadi pemenang kita bina lagi dan ternyata pemenang lomba banyak yang jadi pns di lapan,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam KRAN 2018, dimana roket air dugunakan sebagal salah satu medianya. Dalam kompetisi ini peserta akan adu keterampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan mengacu pada aturan yang berlaku pada kompetisi tinggkat internasional yang jarak dan titik luncurnya sepanjang 80 meter.

“ Kompetisi ini terdiri dari 2 sesi, yakni pembuatan roket air dan peluncuran roket air dan para peserta kompetisi ini berasa dari sekolah diseluruh Indonesia yang berusia 12-16 tahun. Sedangkan JumIah peserta KRAN pada tahun 2018 ini sebanyak 123 siswa,” imbuhnya.(Achmad Sholeh)





Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top