Pendeta Dan Biksu : Syaykh AL Zaytun Adalah Tokoh Toleransi Dan Kerukunan Umat Beragama - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pendeta Dan Biksu : Syaykh AL Zaytun Adalah Tokoh Toleransi Dan Kerukunan Umat Beragama

Wisata
pendeta dan biksu syaykh al zaytun adalah tokoh toleransi dan kerukunan umat beragama
Mesjia Rahmatan Lil'Alamin Kapasitas 300.000 Jamaah

megapolitanpos.com - Satu muharam yang digelar oleh Mahad Alzaytun Desa Mekar jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Jawabarat, Rabu (14/10) cukup meriah dan dihadiri oleh puluhan ribu umat manusia dari berbagai propinsi bahkan negara tetangga serta berbagai komunitas dan umat beragama seperti Kristen dan Budha.





Tempat dilaksanakannya 1 Muharam 1437 Hijriyah yaitu Mesjid Rahmatan Lil Alamin daya tampungnya kurang lebih dua ratus lima puluh ribu jamaah dengan bangunan tujuh lantai dan disampingnya menara pemuda ketinggian bangunan hingga seratus meter.



Acara di buka dengan basmalah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran.
" Jumlah tamu undangan ada 17.021 orang dan untuk kendaraan 200 bus, 600 mobil pribadi, "ujar ketua panitia muharam 1437 Hijriyah.

Ketua Yayasan Pesantren Indonesia AL-Zaytun H.Imam Prawotomengatakan, " muharam merupakan event menjalin dan memupuk silahturahmi tapi harus ada tindak lanjutnya dari yang menjalin, "ujarnya, pada saat memberikan sambutan.



Sedangkan tokoh Gereja, Rodulf Andreas Tendean dalam sambutannya mengucapkan Assalamualaikum kepada seluruh hadirin.
Kemudian, Ia bercerita ditahun 2004 yang lalu diajak Syaykh untuk berdoa di mesjid Rahmatan Lil Alamin dikiranya mimpi tapi menjadi kenyataan sehingga anak cucu ibrahim duduk berdampingan dan berbahagialah.

Pendeta mengatakan, " hanya dengan pendidikan bisa memahami hidup berbangsa dan bernegara dengan budaya tolerasi dan perdamaian seperti yang ada di Mahad Alzaytun,"katanya sembari mendoakan Syaykh agar allah memberkatinya karena telah mepersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara.


Dalam kesempatan yang sama biksu Ungga Sena perwakilan dari umat Budha, bentuk kerukunan umat beragama, Ia mengucapkan assalamualaikum juga kepada hadirin. " Bahwa Syaykh adalah contoh tokoh toleransi dan kerukunan umat beragama yang telah melakukannya ,"ucapnya.



Beberapa sambutan diantaranya dari H. Ahmad Zaini perwakilan masyarakat Madura mengatakan," hijrah dalam membangun berbangsa dan bernegara, dimeriahkan tidak seluruhnya oleh rakyat Indonesia, karena lunturnya rasa nasional, adanya mafia ekonomi, korupsi dan tebang pilih dalam penegakan hukum," katanya.

" Ekonomi kreatif dan inovatif yang dibuat oleh Syaykh Alzaytun adalah nilai moral kemanusiaan kepada Pemerintah Indonesia serta membangun budaya toleransi dan perdamaiaan yang telah di bangunnya, "tuturnya dengan semangat.

Sedangkan, sambutan Ahmad Mansur Pimpinan Pesantren Buntet Jawabarat, "Al Zaytun mampu pengentaskan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, "ucapnya dihadapan puluhan ribu keluarga besar Mahad Al-zaytun.

Lalu, Jihad perwakilan dari Matual Anwar menes Banten mengatakan, negara pluralistik terdiri dari berbagai agama, "mahad Alzaytun sudah menanamkan budaya toleransi sehingga tokoh budha dan kristen serta berbagai komunitas hadir di acara muharam, "katanya.

Negara Malaysia pun memberikan sambutan, "mahad Alzaytun telah membuat oasis kehidupan bagi manusia dan republik indonesia karena daya tahan ketahanan pangannya bahkan panen padinya surplus," imbuhnya disambut tepuk tangan hadirin.

Dari negara tetangga seperti Singapura, ikut bicara mengenai Al Zaytun, belum ada Institusi di singapura seperti ini yang telah menyumbangkan kesejahteraan kepada negara,"ujarnya.

Dilanjutkan sambutan oleh penulis buku Alzaytun Sumber Inspirasi (ASI) serta sekaligus pimpinan redaksi Berita Indonesia CH Robin Simanulang mengatakan, " tokoh panutan religius yaitu syaykh Mahad Alzaytun padahal saya kristen, "katanya.

Ia mengajak seluruh keluarga besar mahad, "berteriak dan memekikan sebagai luapan hati dengan gegap gempita berseru dan mengatakan bahwa Alzaytun lalu dijawab dengan pekikan toleran dan damaikemudianAlzaytun, sambil berteriak dijawab Indonesia harus kuat, lalu AlZaytun , dijawab lagi Rahmatan lil alamin, "teriak penulis buku ASI.

Buku AL-Zaytun Sumber Inspirasi (ASI) Harga Rp. 100.000 Jumlah Halaman i - xiv dan 1 - 498




Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top