RSUD Majalengka Tangani Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

RSUD Majalengka Tangani Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Kesehatan
rsud majalengka tangani limbah bahan berbahaya dan beracun
Penanganan Limbah B3

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Majalengka -Penanganan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan dari rumah sakit untuk menjaga lingkungan telah dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka.

Upaya tersebut yaitu, telah tersedianya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan bak penampungan limbah, dan incinerator atau alat pembakar sebanyak tiga buah.

Direktur RSUD Majalengka, dr. H. Harizal F. Harahap, MM mengatakan, diakui rumah sakit adalah yang menghasilkan limbah bahan beracun dan berbahaya (b3).

"RSUD Majalengka menghasilkan limbah perbulannya mencapai sekira tiga setengah ton. Dari undang - undangpun mengatakan, barang siapa yang menghasilkan limbah b3 itu harus dikelola. Dikelola dengan cara apa, bisa dilakukan dari pengumpulan, penyimpanan dan juga penghancuran." jelasnya. Senin, (17/09/2018)

dr. H. Harizal menambahkan, kita punya mesin incinator atau alat pembakar sebanyak tiga buah yang kalau dihitung nilai harga mencapai ratusan juta rupiah, cuman permasalahannya tidak punya ijin dan sangat beralasan seperti diketahui bahwa lokasi rumah sakit ini berada ditengah lingkungan jadi tidak bisa dioperasikan.

"Untuk itu, kita lakukan upaya bekerjasama dengan pihak ketiga. Ada dua, jasa pengangkut dan penghancur." ujarnya.

dr. Harizal menyebutkan, bahkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) kita telah tersedia dan dikelola dengan baik, bak kontrolnya sudah diperiksa secara rutin dari kelaikan air limbah tersebut.

"Alhamdullilah sudah memenuhi syarat, bahkan sudah dites laik bisa dipakai buat minum." imbuhnya. ** (Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top