Said Iqbal : Semua Buruh Akan Demo Menolak PP Tentang Pengupahan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Said Iqbal : Semua Buruh Akan Demo Menolak PP Tentang Pengupahan

Politik
said iqbal semua buruh akan demo menolak pp tentang pengupahan
Presiden KSPI Said Iqbal

Megapolitanpos.com. Jakarta. Ditetapkannya Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengupahan masoh mendapat reaksi yamg keras dari kalangan serikat buruh yang menganggap PP tersebut sangat merugikan buruh ini.

Ditemui dalam satu acara konsolidasi serikat buruh di Jakarta, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Saiq Iqbal, menegaskan "Seluruh serikat buruh dengan tegas menolak penetapan upah buruh yang baru diumumkan pemerintah pada 28 Oktober 2015 nanti"

"Semua buruh di Indonesia akan turun ke jalan untuk demo menentang penetapan upah yang ditetapkan pemerintah."

Menurut Iqbal, Ada dua hal mendasar mengapa buruh menolak PP ini, pertama, pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah(RPP) tentang Pengupahan itu tidak melibatkan Serikat Pekerja (SP) dan Serikat Buruh (SB). Kedua, kenaikan upah buruh dengan perhitungan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional sangat merugikan buruh.

“Karena, kalau dihitung dengan inflasi dan pertumbuhan saat ini yakni inflasi enam persen dan pertumbuhan ekonomi cuma empat persen makan kenaikan upah buruh cuma 10 persen,” ujarnya.

Sejauh ini terdapat data perbandingkan upah buruh di Indonesia dengan negara-negara tetangga, dimana Indonesia upah buruhnya paling rendah. Seperti Thailand upah buruhnya Rp 3,4 juta, Filipina Rp 3,6 juta, Malaysia Rp 3,2 juta, Singapura Rp 10 juta dan Indonesia yakni di DKI Jakarta Cuma Rp 2,7 juta.

Said Iqbal menambahkan "kenaikan upah boleh tiap tahun berdasarkan pada perhitungan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional namun harus base on penetapkan KHL dimana base on penetapkan KHL-nya 80 item bukan 60 item KHL. Karena kalau 80 item KHL maka UMP jatuhnya Rp 3,7 juta. Bukan Rp 2,7 juta,” (AN)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top