Hotel Fitra Abaikan Kebersihan Lingkungan, LSM Gerakan Majalengka Hijau Angkat Bicara - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Hotel Fitra Abaikan Kebersihan Lingkungan, LSM Gerakan Majalengka Hijau Angkat Bicara

Peristiwa
hotel fitra abaikan kebersihan lingkungan lsm gerakan majalengka hijau angkat bicara
Sampah dari hotel Fitra

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Majalengka-Sejumlah para pengendara melintas di Jalan Siti Armilah, Kelurahan Majalengka Kulon, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, mencium bau sampah yang dirasa sangat menyengat.

Ternyata sampah tersebut berasal dari sampah pembuangan Hotel Fitra yang disengaja dibuang dikarenakan belum memiliki tempat penampungan sampah.

"Iya, memang benar. Karena belum ada tempat penampungan sampah, dan ini lagi dibuatkan." kata, Andi. Sebagai General Manager Hotel Fitra saat dikonfirmasi. Senin, (03/09/2018)

Dari keterangan, tidak ada tempat penampungan sampah sejak berdirinya hotel dari tahun 2016 - 2018.

"Ironis ya, kalau suatu hotel tidak mengindahkan hal itu tidak adanya tempat penampungan sampah."kata, Aan. Salah satu warga yang sering melintas.

Pemerhati lingkungan melalui Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Majalengka Hijau menjelaskan, terkait limbah yang dihasilkan dari kegiatan hotel seharusnya sudah dikelola dengan baik sesuai dengan isi dalam dokumen upaya Kelola Lingkungan dan Upaya Pengendalian Lingkungan (KLUPL) yang sudah dibuat dalam rangka pemenuhan persyaratan sebagai pelengkap ijin usaha dan pendirian hotel tersebut.

"Bilamana dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan ketentuan tersyarat dalam dokumen yang telah disusun maka sudah barang tentu termasuk dalam pelanggaran walaupun harus dilihat skala pelanggarannya. Kata, Idrus. Ketua Umum LSM Gerakan Majalengka Hijau

Tambah dia, dalam hal ini saya selaku pemerhati lingkungan hidup dari Gerakan Majalengka Hijau akan turut serta memantau dan mengingatkan pihak pengusaha agar mengikuti aturan perundangan yang berlaku bukan sekedar penggugur tanggung jawab saja akan tetapi memperhatikan dampak dari setiap pelanggaran yang terjadi.

Selain itu, ungkap Ketua Dewan Pengawas Penasehat LSM Gerakan Majalengka Hijau mengatakan, Pegelola hotel harus sudah siap dalam pengelolaan sampah industri hotel. Baik untuk sampah cair maupun padat.

"Karena sudah ada peraturan dari Kementrian LH tentang keharusan dari hotel dalam pengolahan sampahnya. Kami juga akan meninjau apakah pihak hotel juga sudah memiliki IPAL sesuai stadar yang disyaratkan dalam pengelolaan sampah cair." ujar, Dede Sunarya. ** (Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top