BMKG Prediksi Musim Kemarau Dan Terpaan Angin Kencang Monsun - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

BMKG Prediksi Musim Kemarau Dan Terpaan Angin Kencang Monsun

Peristiwa
bmkg prediksi musim kemarau dan terpaan angin kencang monsun
Tri Agus P. Kepala Sta. BMKG kelas 3 Jatiwangi

MEGAPOLITANPOS.COM - Majalengka-
Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Sta. BMKG Kelas III Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menerangkan angin kencang yang dirasakan warga masyarakat Majalengka dan sekitarnya adalah angin Monsun.

Tercatat dari data yang disampaikan, untuk saat ini sudah bertiup angin monsun selatan dimana angin tersebut bertiup dari Australia dengan kondisi yang kering melewati daerah kita dengan kondisi yang juga kering.

"Angin ini bisa bertiup antara 10 - 20 knot ( 20 - 40 km/jam) dan dikarenakan dari selatan melewati Gunung Ciremai maka angin yang turun dari gunung tersebut dapat menambah kecepatan yaitu angin monsun selatan sama dengan angin monsun timur." Kata, Tri Agus Pramono S.Kom. Kepala Sta. BMKG kelas III Jatiwangi, Majalengka. Kamis, (05/07/2018)

Monsun merupakan iklim yang ditandai oleh pergantian arah angin atau kemarau selang lebih kurang enam bulan. Hal itu mengikuti posisi matahari pada bulan Juni dan Desember terdapat di daerah tropis dan subtropis yang diapit oleh benua dan samudra.

"Monsun ini ada disebabkan oleh perubahan pola aliran udara. Biasanya arah normal ada dari Asia ke Australia, kemudian berubah dari arah Australia ke Asia. Hal itu bergantung dari keberadaan posisi matahari." ujarnya.

Tambah dia, diperkirakan masuk dalam musim kering kadang ada kondisi semacam kering bahkan bisa saja ada jeda hujan sesekali. ** (Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top