Buruh PT. DINUO Menangkan Tuntutan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Buruh PT. DINUO Menangkan Tuntutan

Peristiwa
buruh pt dinuo menangkan tuntutan
Perundingan SBAI-FBTPI dengan Pengusaha PT. DINUO

Rencana pemogokan buruh PT DINUO yang terletak di kawasan Marunda, Jakarta Utara akhirnya ditunda setelah pengusaha memenuhi tuntutan buruh PT. DINUO yang tergabung dalam SBAI-FBTPI (Serikat Buruh Aneka Industri-Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia).

Hal ini terjadi setelah FBTPI melayangkan surat pemberitahuan Mogok kerja pada tanggal 29 September 2015 diikuti pemakaian pita di lengan bertuliskan SIAP MOGOK langsung direspon oleh pihak pengusaha yang mengajak serikat buruh melakukan perundingan melalui surat yang disampaikan oleh manager perusahaan dengan mengundang Pengurus Komisariat SBAI - FBTPI PT DINUO untuk mengadakan perundingan pada hari kamis 1 Oktober 2015.

Ilhamsyah, Ketua Umum FBTPI menerangkan "Dalam perundingan pihak perusahaan mengatakan kaget melihat semua buruh mengenakan ikat lengan dengat tulisan siap mogok. Sehingga mereka langsung mengajak buruh untuk berunding. Perundingan tersebutdihadiri langsung pengusaha dan direksi perusahaan serta perwakilan dari serikat yang mewakil buruh PT. DINUO"

"Dalam perundingan tersebut terbongkar bahwa selama ini pengusaha tidak tahu kalau sudah ada 2 kali Biparti dan somasi. Karena HRD yang menemui Tim perunding dalam biparti ternyata tidak pernah menyampaikannya pada pengusaha, malah yang dilaporkan ke pengusaha hanyalah pertemuan yang membahas persoalan K3." tambah Ilhamsyah.

Sementara itu perundingan yang dilakukan berjalan dengan mulus dengan menghasilkan kesepakatan:

1. Enam orang anggota SBAI-FBTPI yang di PHK dengan alasan putus kontrak di pekerjakan lagi.

2. Untuk OB yang di PHK akan di bayarkan pesangonnya dan akan di Rapel kekurangan upah dan lembur yang kurang selama ini. Dan selanjutnya OB akan di oudsourcingkan.

3. Perusahaan akan membayarkan Rapelan kekurangam Lembur bagi buruh di bagian Welder dan semua hak yang belum dibayarkan.

4. Kedepan perusahaan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja lagi sampai peresmian perusahaan.

5. Pihak perusahaan mengajak serikat untuk bekerja sama dalam menyeleksi penerimaan buruhbaru karena targetnya kedepan akan merekrut 1000 orang buruh.

6. Pihak perusahaan juga akan mengikutsertakan buruh bangunan dalam program BPJS.

"capaian yang kawan kawan Dinuo dapatkan hari ini harus dijadikan pemicu semangat dalam berjuang. Dengan solidaritas serta satu komando dalam arahan organisasi akan jauh lebih kuat dalam perjuangan." Ilhamsyah menambahkan. (AN)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top