Walikota : Biasakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Walikota : Biasakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Kesehatan
walikota biasakan pola hidup bersih dan sehat
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat raker kesehatan

Megapolitanpos.com -Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan pelayanan kesehatan bukan sekedar persoalan kuratif atau upaya penyembuhan penyakit saja, namun lebih dari itu Pemkot Tangerang telah mengarahkan kebijakan pelayanan kesehatan pada hal yang bersifat preventif dan promotif. Artinya program pelayanan kesehatan di Kota Tangerang telah difokuskan pada masalah pencegahan penyakit serta kegiatan yang bersifat promosi. Sepertimelalui penyuluhan kesehatan gigi maupun membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini dengan membentuk Inspektur Pangan Cilik Sekolah Dasar (SD) yang telah berjalan sejak Tahun 2013.

"PHBS ingin kami maknai melalui aksi nyata dalam masyarakat bukan sekedar slogan saja," papar Walikota dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah yang berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Kamis (01/10),

Walikota menjelaskan bicara masalah kesehatan tak hanya seputar pengobatan akan tetapi bagaimana membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan bagi tubuh maupun lingkungan. Tubuh kita akan senantiasa sehat karena sehatnya asupan makanan, minuman serta kondisi lingkungan sekitar yang juga turut mendukung. "Kalau lingkungan sehat, insyaallah tubuh kita juga akan sehat," kata Walikota.

Seperti halnya pesan yang ingin disampaikan dalam agenda rapat kerja kali ini yaitu melalui integrasi program, kita wujudkan Kampung Sehat.

Pesan yang berarti bahwa setiap program itu harus mempunyai keterkaitan satu sama lain, tentunya telah terimplementasikan dalam berbagai program kegiatan Pemkot Tangerang selama ini. Diantaranya melalui Program Liveable, Investable, Visitable dan Electronic City yang diwujudkan melaluikegiatan car free day, gerakan penanaman pohon, kampung sehat, bersih, berkebun dan sebagainya.

Walikota menuturkan untuk mewujudkan itu semua tentu tak hanya semata didukung adanya komitmen kuat yang diimplementasikan melalui program-program pembangunan akan tetapi harus berbanding lurus dengan partisipasi aktif dari masyarakat. Sebuah lingkungan yang sehat akan terwujud jika kesadaran itu tumbuh dan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu dapat terwujud karena adanya sinergitas dan saling mendukung satu sama lain.

"Ajak dan ingatkan terus masyarakat agar selalu membiasakan PHBS sehingga Kampung Sehat sebagai salah satu perwujudan kota layak huni yang kita harapkan dapat kita nikmati di masa yang akan datang," pesannya.

Sementara itu, terkait pelayanan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pemkot berharap seluruh masyarakat Kota Tangerang sudah terdaftar dalam program tersebut. Dengan adanya aturan tersebut, membuat programkesehatanyang biayai oleh pemerintah daerah harus dihentikan. Oleh karena itu, mulai tahun depan kami berencana akan mengalihkan anggaran program Tangerang Sehat untuk membiayai premi asuransi bagi masyarakat Kota Tangerang, sehingga masyarakat tidak terbebani dengan kewajiban membayar premi setiap bulannya.

"Mereka harus diajak untuk mengikuti BPJS karena itu amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS dimana semua Warga Negara Indonesia wajib menjadi anggota BPJS. Lakukan pendataan dengan cepat dan tepat. Jangan sampai ada yang terlewat," perintah Walikota kepada para peserta rapat yang berasal dari lingkup Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top