Dekopin Masih Upayakan Tempat Pelelangan Ikan dikelola Oleh Koperasi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dekopin Masih Upayakan Tempat Pelelangan Ikan dikelola Oleh Koperasi

Bisnis
dekopin masih upayakan tempat pelelangan ikan dikelola oleh koperasi
POTO ISTIMEWA

MEGAPOLITAN POS.COM, Jakarta, - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) kembali akan menggelar Hari Koperasi Nasional (Harkopnas ) yang rencananya akan diselenggarakan di Istana Bogor, Jawa Barat.

Pada perayaan harkopnas ke 70 tahun lalu di Makasar, Dekopin mengeluarkan Deklarasi yang salah satu butirnya adalah mengusahakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kembali dikelola oleh koperasi.

Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

“ Ada keinginan presiden pengelolaan TPI itu dikelola kembali oleh koperasi, tapi karena otonomi daerah itu digulirkan maka TPI itu dikelola oleh daerah, karenakan jadi sumber pendapatan daerah , tetapi kemudian dalam harkopnas yg ke 70 dimakasar , presiden meminta lagi pengelolaan TPI dikembalikan oleh koperasi,” ujar Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Neddy Rafinaldy Halim yang juga Sekretaris Panitia Hari Koperasi Nasional 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.[8-6-2018].

Menurutnya, Penyelenggaraan pelelangan ikan di TPI oleh koperasi perikanan pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1997. Saat itu diterbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri, yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertanian, serta Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil tentang penyelenggaraan pelelangan ikan di TPI. Akan tetapi kebijakan tersebut hilang (tidak) berlaku lagi seiring berlakunya Undang-Undang Otonomi Daerah.


“ Setelah kita olah dari sisi kementerian tentunya, ada hal-hal yang harus dicermati antara lain, yang satu presiden minta pakai pepres saja, jadikan tidak mudah ketika Undang-undang otonomi daerah di eliminir oleh perpres, tapi masih kita upayakan,” imbuhnya.(Ach.Sholeh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top