PP-Iptek Ajak Wartawan Rilis Wahana Baru di Bidang Iptek - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

PP-Iptek Ajak Wartawan Rilis Wahana Baru di Bidang Iptek

Wisata
pp-iptek ajak wartawan rilis wahana baru di bidang iptek
Direktur PP-Iptek Kemristedikti Mochammad Syachrial Annas saat memberikan paparan kepada para wartawan di kantornya(Selasa, 5-6)

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristedikti) mengajak para wartawan untuk melihat-lihat beberapa wahana barunya.

PP-IPTEK yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur antara lain memperkenalkan Teknologi padi rakit apung pada wahana eco garden hasil penelitian Guru Besar Fakultas Pertanian Unpad Prof. Dr. Tualar Simarmata.

“ Teknologi ini merupakan teknik budidaya padi dengan sistem tanam yang dilakukan di atas rakit. Teknologi ini dinilai cocok diterapkan di lahan yang tergenang air atau rawa-rawa,” Ungkap Direktur PP-Iptek Kemristedikti Mochammad Syachrial Annas di Jakarta, Selasa (5-6-2018).

Selain mengajak ke wahana eco garden PP-IPTEK juga memperkenalkan wahana lainnya seperti "Self Balancing Wheel" dan "Stereo Visual"

Dijelaskan Annas, Stereo Visual, mampu mengungkap kelebihan sepasang mata yang dapat melihat secara tiga dimensi (3D). Selain itu, wahana ini dapat mengungkap secara konseptual apakah yang ditampilkan film-film tertentu benar adanya.

Sedangkan wahana Self Balancing Wheel bergerak menggunakan sensor gyroscope yang dapat bekerja di kemiringan bahkan hanya dengan satu roda pada kendaraan.

“ Kami terbuka kepada rekan-rekan wartawan dalam rangka menggali informasi tentang wahana yang ada di PP-Iptek, sebab media sangat diperlukan dalam membantu informasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Annas, PP-Iptek sudah memiliki 400 alat peraga iptek. Harapannya bisa dimainkan anak-anak dan membuat mereka tertarik dan mau mendalami sains.

"Kami berharap anak-anak mau dan tertarik mendalami sains, imbuhnya.



Direktur PP-Iptek Kemristedikti Mochammad Syachrial Annas bersama para wartawan di lokasi wahana eco garden

Untuk diketahui, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif.

Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.

Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan gempa bumi.

Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.

Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.(Ach.Sholeh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top