Setda Kota Bekasi Dituding Lakukan Pemborosan Anggaran - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Setda Kota Bekasi Dituding Lakukan Pemborosan Anggaran

Bekasi
setda kota bekasi dituding lakukan pemborosan anggaran
Direktur CBA saat melakukan jumpa pers

MEGAPOLITANPOS.COM-Kota Bekasi. Pengadaan Meubelair Setda Kota Bekasi diduga hanya modus pemborosan anggaran, bahkan kegiatan itu disebut menjadi sebuah hobi dimana setiap tahunya selalu dianggarkan.

Direktur CBA (Center For Budget Analysis) Uchok Sky Khadafi mengungkapkan, Setda (Sekretariat Daerah) Kota Bekasi setiap tahun selalu melakukan kegiatan Pengadaan Meubelair adalah sebuah pemborosan anggaran yang bersumber dari pajak rakyat.

"Tahun 2017 saja, Setda kota Bekasi melakukan pengadaan Meubelair sebesar Rp.987.203.000 untuk 293 unit. Dan juga pengadaan Meubelair untuk Kepala Daerah sebesar Rp.200.000.000 untuk 86 unit," kata pria yang akrab disapa Uchok, melalui pesan tertulis yang diterima megapolitanpos.com, Senin 28/05/2018.

Dia juga menambahkan, tak puas dengan Pengadaan Meubelair sebanyak 379 unit dengan anggaran sebesar Rp.1.187.203.000 pada tahun 2017. Setda Kota Bekasi kembali menganggarkan pada tahun 2018, Meubelair paket I sebesar Rp.711.100.000 untuk 187 unit.

"Kami dari CBA (Center For Budget Analysis) meminta Aparat Penegak Hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelidiki Pengadaan Meubelair itu," ujarnya.

Selain kegiatan Pengadaan Meubelair pada tahun 2017, Uchok juga menyoroti anggaran untuk Pemeliharaan Meubelair sebesar Rp.166.030.000, dan pada tahun 2016 sebesar Rp.165.300.000.

"Kalau ada anggaran pemeliharaan untuk meubelair setiap tahunnya, seharusnya meubelair milik setda tidak ada yang rusak, dan tidak perlu membeli Meubelair yang baru," tuturnya.

Aparat Penegak Hukum perlu untuk menelusuri harga perunit Meubelair tersebut, dimana harganya memang berbeda beda, ada yang harga perunitnya sebesar Rp. 3.3 juta, Rp. 2.3 juta, dan ada yang Rp. 3.8 juta.

"dari harga yang berbeda-beda ini, sudah saatnya Aparat Penegak Hukum untuk melakukan pemeriksaan kepada Sekretaris Daerah Kota bekasi untuk dimintai keterangannya atas harga Meubelair tersebut, kenapa harus ada perbedaan yang mencolok," tutup Uchok.

Namun, hingga berita ini diturunkan Setda Kota Bekasi belum dapat dikonfirmasi.**manalu.

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top