Hamdhani: Penyuluh Pertanian Harus Dampingi Warga Basmi Hama - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Hamdhani: Penyuluh Pertanian Harus Dampingi Warga Basmi Hama

Peristiwa
hamdhani penyuluh pertanian harus dampingi warga basmi hama
-

Hamdhani (tengah) berpose dengan warga Desa Parebok, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

MEGAPOLITANPOS.com, Jakarta: Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani menyatakan, penyuluh pertanian hendaknya selalu standby mendampingi petani. Dengan demikian permasalahan pertani seperti tata cara penanaman, dan terutama menangani aneka penyakit tanaman pangan segera ditemukan solusinya.

Hal ini dikemukakan Hamdhani di depan warga Desa Parebok, kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (12/5/2018).

Dalam rilis yang diterima megapolitanpos.comdisebutkan, pernyataan Hamdhani ini dikemukakannya menanggapi keluhan petani desa Parebok tentang serangan 'hama kuning' pada tanaman padi mereka.

Serangan 'hama kuning' kali ini tergolong sangat parah, sehingga mengakibatkan mereka gagal panen. "Kami rata-rata hanya panen 50 persen," kata para petani Parebok.

Dalam pertemuan yang berlangsung di balai desa itu, para petani mengaku tidak tahu kepada siapa minta petunjuk untuk membasmi hama. "Karena tidak ada penyuluh pertanian yang datang ke desa kami," kata mereka.

Hamdhani yang juga berasal dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah itu mengakui, tenaga penyuluh pertanian sangat kurang jumlahnya. "Tetapi di saat kritis, penyuluh hendaknya standby memberi solusi kepada petani. Karena Kotawaringin Timur selama ini sudah swasembada beras. Jangan sampai karena penyuluh tidak hadir di desa menjadi sebab gagal panen, dan daerah ini kekurangan stok beras," lanjutnya.

Kotawaringin Timur merupakan salah satu daerah yang beberapa waktu lalu sempat dikunjungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Bisa dibilang, daerah ini merupakan lumbung padinya Kalimantan Tengah.

Karena itu, menurut Hamdhani, para penyuluh harus tetap semangat. "Pemerintah daerah juga harus bekerja keras guna mempertahankan reputasi Kotawaringin Timur sebagai lumbung padinya Kalteng." ucapnya.(ziz/*)



Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top