Penganugerahan Budaya 2018 Kepada Tokoh Silat Dunia - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Penganugerahan Budaya 2018 Kepada Tokoh Silat Dunia

Umum
penganugerahan budaya 2018 kepada tokoh silat dunia
Salah satu Perguruan silat

MEGAPOLITANPOS.COM, Depok-Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menggelar penganugerahan budaya 2018 kepada tokoh seni silat dunia H. Eddie Marzuki Nalapraya bertempat di gedung IX, FIB UI, Kamis (3/5/2018).

Selain H.Eddie M. Nalapraya, dua tokoh lain juga mendapatkan gelar anugerah yaitu Iman Rahman Anggawiria Kusumah "Kimung" sebagai pemusik dan Umbu Wulang Landu Paranggi sebagai penyair.

Dalam sambutannya mantan Ketua Umum Bamus Betawi periode 1996-1998 ini mengatakan pencak silat terdiri dari tiga aspek yaitu mental, beladiri dan seni budaya

"Dari seni budaya inilah salah satunya yang harus kita perjuangkan. Sejak tahun 2014 saya berpikir untuk mendaftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda." ungkapnya.

H. Eddie Nalapraya menambahkan, melalui pencak silat ini jugalah ketahanan nasional juga terbentuk. Dirinya mulai dikenalkan silat oleh kakeknya bernama Kiai Buchori alias Bogo dari Rempoa.

"Saya perkenalkan pencak silat ini ke manca negara tidak menggunakan anggaran negara. Dan sekarang saya sudah perkenalkan silat kepada cucu saya sebagai penerus." terang mantan Ketua Umum PB IPSI periode 1981-2003 ini.

Acara gelar anugerah turut dimeriahkan oleh penampilan sejumlah pesilat Indonesia diantaranya PS. SinLamBa, Merpati Putih, Bangau Putih, Pakubumi, Purbakala serta sejumlah pesilat dunia diantaranya dari Malaysia, Australia, USA, Belanda, Italia, Jepang, Perancis, Azerbaijan, Suriname dan Aljazair.

Hadir pada acara tersebut Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata Prof. Dr. H. Agus Suradika M.Pd, Anggota DPD RI Prof. Dr. Dailami Firdaus, Mantan Seskab RI Kabinet Indonesia Bersatu II Dr. Dippo Alam dan jajaran dekanat FIB UI.MR/Johan

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top