KPU Kota Tangerang, Tetapkan 1.027.522 DPT Di Pilkada 2018 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

KPU Kota Tangerang, Tetapkan 1.027.522 DPT Di Pilkada 2018

Kota Tangerang
kpu kota tangerang tetapkan 1027522 dpt di pilkada 2018
Penetapan DPT KPU Kota Tangerang

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang - Rapat pleno terbuka rekapitulasi Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) menjadi Data Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, di Allium Hotel, Cipondoh, Kamis (19/04/18).

Jumlah keseluruhan DPT dari 104 kelurahan dan 3.091 TPS jatuh pada angka 1.027.522 dengan jumlah pemilih Laki-laki sebanyak 514.146 dan Perempuan 513. 376 ditetapkan. Pada tahapan tanggapan dan pengumuman masyarakat di tingkat PPK jumlah DPSHP yaitu 1.027.000.736, kemudian terkoreksi sebanyak 184 Pemilih KTP Non-Elektronik.

"Koreksi dari kami itu atas masukan dan tanggapan terkait dengan pemilih baru. Kami koreksi ada 184 pemilih KTP Non-Elektronik, dan ketika kita koordinasikan ke disdukcapil itu tidak ditemukan dan betul-betul orang yang tidak diketahui keberadaannya, maka itu kita coret," demikian pemaparan Ahmad Syailendra, Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Program dan Data.

Jika nanti ada warga yang masih belum terdaftar, lanjut pria yang akrab disapa Indra, masih bisa menggunakan hak pilihnya pada saat hari pencoblosan tanggal 27 Juni 2018. "Warga yang belum terdaftar boleh gunakan hak pilihnya dengan membawa KTP Elektronik atau Suket di tanggal 27 Juni nanti saat mencoblos. Kita masih tetap melakukan pelayanan," katanya.

Sementara, Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi dalam sambutan singkatnya mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Kota Tangerang ini harus berjalan sebagaimana mestinya, walau mungkin masih ada kekurangan dimasing masing wilayah.

"Kami berharap penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada ini bisa dapat berjalan Aman, Damai dan nyaman, sesuai keinginan kita semua," ujarnya.

Sanusi menghimbau agar para pemilih tidak membawa Handpone saat ke TPS. Terlebih, jika surat suara di foto kemudian di share, itu bisa menjadi temuan dan di pidanakan. "Artinya, surat suara itu sudah tidak rahasia lagi jika di foto dan di share. Berarti dia mengungkap kerahasiaan proses demokrasi, itu diatur dalam PKPU No. 9 tahun 2017," kata Sanusi, kepada awak media.

"Saat pemilih mau masuk kita terangkan, ingatkan dan berikan arahan. Nanti akan kita siapkan tempat penitipan HP, karena generasi milenial sekarang kan apa-apa difoto dan dishare. Jadi mulai sekarang kita ingatkan dan sosialisasikan, bahwa kerahasiaan pilihan itu mutlak," tegas Sanusi.

Namun terkait publikasi hasil penghitungan suara, lanjut Sanusi, dipersilahkan bagi siapapun yang hendak mempublikasikannya. "Silahkan, karena memang harus dipublikasikan," tandasnya.

Diketahui, kegiatan dihadiri seluruh jajaran Komisioner KPU Kota Tangerang beserta PPK dan PPS se-Kota Tangerang. Hadir juga dalam kegiatan seluruh jajaran Panwaslu Kota Tangerang dan para pemimpin Partai Politik (Parpol) pengusung. Para akademisi dan kaum intelektual beserta unsur Muspida di Kota Tangerang pun turut menyaksikan acara tersebut. (AR)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top